Buka Mubes MAA, Ini yang Disampaikan Bupati Aceh Barat - NOA.co.id
   

Home / Aceh Barat / News

Selasa, 28 September 2021 - 11:13 WIB

Buka Mubes MAA, Ini yang Disampaikan Bupati Aceh Barat

REDAKSI

Bupati Aceh Barat, Ramli MS membuka Mubes MMA Kabupaten setempat

Bupati Aceh Barat, Ramli MS membuka Mubes MMA Kabupaten setempat

NOA l Aceh Barat – Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Barat menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke I tahun 2021 dalam rangka Pemilihan Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat untuk masa bakti 2021-2026 yang dilaksanakan di Aula Bappeda Aceh Barat, Selasa (28/9/2021).

Mubes yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli MS tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Aceh Barat, para Camat dilingkup Pemkab Aceh Barat, pemangku adat, serta para pengurus MAA mulai dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS, mengatakan bahwa pemilihan Ketua MAA merupakan hal yang sangat krusial dalam menjaga serta melestarikan adat istiadat yang ada di Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

Baca Juga :  Kolaborasi GOTO dan Telkomsel Dinilai Saling Menguntungkan

“Adat bak poteumeureuhom, hukom bak syiah kuala, yang mempunyai makna bahwa adat itu ada pada seorang pemimpin, sementara hukum ada pada ulama,” ungkap Ramli MS.

Untuk itu, ia berharap Mubes MAA yang digelar itu dapat melahirkan sosok pemimpin yang benar-benar paham tentang agama serta adat istiadat yang dimiliki oleh Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting guna menguatkan kembali adat istiadat yang selama ini telah terbangun di Bumi Teuku Umar.

Sebagai Pemerintah daerah, Ramli MS mengatakan pihaknya terus mendorong penguatan terhadap peranan MAA Kabupaten Aceh Barat dalam menjaga Kelestarian Budaya dan adat istiadat di tengah era modern saat ini.

Baca Juga :  Sekda Aceh: Semangat Antikorupsi Harus Ditanamkan dari Tingkat Keluarga

“Jangan sampai adat istiadat Aceh dianggap kuno dan ketinggalan zaman oleh generasi millenial,” ujar Ramli MS.

Oleh sebab itu, katanya, peranan MAA sangat dibutuhkan guna menumbuhkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap budaya dan adat istiadat Aceh yang berlandaskan pada nilai-nilai islami.

Disamping itu, ia juga meminta kepada Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat untuk periode mendatang agar dapat membuat sebuah seminar yang memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa adat istiadat Aceh sejalan dengan ideologi Pancasila.

Baca Juga :  Laba Melesat 78%, HT Optimis MSIN Akan Tumbuh Lebih Besar Tahun Ini

“Hal ini sangat penting sebagai upaya untuk menguatkan ideologi Pancasila melalui budaya dan adat istiadat daerah,” pungkas Ramli.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut, Nuriyah, S.Pd, menyampaikan bahwa Mubes ini diikuti oleh 82 peserta yang mewakili unsur pemangku Adat, MAA Kecamatan, Imum Mukim serta MAA Kabupaten Aceh Barat.

Ia juga menjelaskan bahwa Mubes pemilihan Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat ini dijadwalkan akan digelar selama 2 hari yakni tanggal 28 dan 29 September 2021.

“Tujuannya untuk menentukan calon kandidat serta dilanjutkan dengan pemilihan Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat untuk periode 2021-2026 mendatang,” ungkap Nuriyah.(RED).

Share :

Baca Juga

News

Dukung Gernas BBI, OJK Terus Dorong UMKM Go Digital

News

Perlu Respons Cepat Atasi Polio di Aceh
Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud, S.T

News

Wabup Pidie Sampai Pesan Kepada Warga Terkait Zona Merah

News

Masuki Bulan Ketujuh, Donor Darah Rutin ASN Pemerintah Aceh Selama Tahun 2022 Capai 8.016 Kantong

News

Terungkap Utang Garuda Indonesia ke Boeing Capai Rp10 Triliun

News

AGG Warga Reudeup Ditemukan Tergantung Di Pohon Rambutan

News

Kementan Prediksi Harga Cabai Tak Lagi Pedas pada Akhir Bulan

News

Saham Apple hingga Cisco Tiarap, Wall Street Ditutup Memerah