Drs. Mahdi Efendi Kukuhkan Panitia PKA ke- 8 Aceh Barat - NOA.co.id
   

Home / Aceh Barat / Daerah / News

Kamis, 30 Maret 2023 - 16:26 WIB

Drs. Mahdi Efendi Kukuhkan Panitia PKA ke- 8 Aceh Barat

REDAKSI

Meulaboh – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, mengukuhkan panitia pelaksana Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 Kabupaten Aceh Barat, yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati setempat, Kamis (30-03-2023).

 

Selain pengukuhan, Pj Bupati Mahdi juga membuka langsung rapat koordinasi yang melibatkan seluruh stakeholder dan unsur terkait lainnya, dalam rangka persiapan keikutsertaan Kabupaten Aceh Barat pada event akbar Kebudayaan Aceh itu, yang akan berlangsung pada tanggal 19 s/d 27 Agustus 2023 mendatang di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Dalam mendukung kelancaran dan memudahkan koordinasi untuk mematangkan berbagai persiapan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat telah membentuk panitia pelaksana, yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Bupati Aceh Barat nomor 133 tahun 2023 tentang pembentukan panitia pelaksana PKA ke-8 Kabupaten Aceh Barat tahun 2023.

Uniknya, sesuai dengan temanya yaitu, “Rempahkan bumi, pulihkan dunia”, setiap anjungan pada PKA tahun ini, harus menampilkan konsep dan penampilan yang kental dengan nuansa rempah, sebagai ciri khas tertentu yang dimiliki oleh setiap Kabupaten/Kota se Aceh.

Baca Juga :  Kadis Peternakan Aceh: 44.414 Ternak Warga Sembuh dari PMK

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi, menyebutkan pertemuan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan itu bertujuan untuk mempersiapkan berbagai komponen yang dibutuhkan secara matang sehingga Kabupaten Aceh Barat mampu tampil maksimal dan meraih hasil terbaik pada pada event 5 tahunan tersebut.

Mahdi meminta seluruh panitia untuk segera menyusun perencanaan yang matang, terutama terkait dengan persiapan pameran dan peserta dalam mengikuti kegiatan pertunjukan serta perlombaan yang akan dilaksanakan di anjungan Aceh Barat dengan menonjolkan budaya yang menjadi ciri khas daerah, namun tetap sesuai dengan tema PKA tahun ini, yakni “rempahkan bumi, pulihkan dunia, Ujarnya.

Baca Juga :  Hari Kedua Pelaksanaan MTQ Ke-36 di Aceh Barat, Semua Cabang Terus Diperlombakan

Disamping itu, panitia juga harus cermat dalam menyeleksi berbagai jenis komoditas seperti rempah-rempah maupun hasil produksi pertanian unggulan Aceh Barat lainnya untuk di pamerkan pada pameran ekonomi rempah, sekaligus rutin melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait untuk kelancaran berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Setelah pertemuan ini, panitia harus menggelar rapat lanjutan untuk saling berkoordinasi khususnya terkait tugas, fungsi dan peran masing-masing,” pinta Mahdi.

Pj Bupati Aceh Barat itu juga mengharapkan kepada panitia pelaksana untuk bisa bersinergi serta saling berkolaborasi antar bidang, dengan tetap berpedoman kepada petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh penyelenggara, demi kelancaran kegiatan dan meraih hasil terbaik pada PKA tahun ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Barat, Kartika Eka Sari, S.STP., M.Si, selaku penanggung jawab Sekretariat Aceh Barat pada PKA 8 tahun 2023, menuturkan pihaknya terus mematangkan persiapan, baik dari segi infrastruktur anjungan, pameran maupun kesiapan para peserta yang akan mengikuti event PKA sehingga bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Baca Juga :  Aceh Besar Boyong 40 Relawan ke Jumbara PMR di Tamiang

Ditambahkannya, pada gelaran PKA tahun ini, Kabupaten Aceh Barat akan menampilkan beragam kegiatan, seperti pawai budaya, pertunjukan dan pameran budaya, pagelaran budaya, festival kuliner dan busana, festival adat budaya, permainan rakyat, kesenian eksibisi, seminar budaya serta aneka lomba lainnya.

Turut hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda Aceh Barat, para asisten dan staff ahli Bupati, para Kepala SKPK, Ketua TP PKK/Dekranasda Aceh Barat, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Aceh Barat, akademisi dari Perguruan Tinggi se Kabupaten Aceh Barat, para Ketua organisasi dan pegiat seni budaya, serta unsur mahasiswa. []

Share :

Baca Juga

News

Pemerintah Aceh Terima Penghargaan Kualitas Tinggi dari Ombudsman RI

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Salurkan Donasi Korban Gempa

Daerah

Kanwil Kemenkumham Aceh Ikuti Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimti Pratama Secara Virtual

News

Ayu Marzuki Beri Motivasi Pelajar SMAN 3 Kuala

News

Ekspansi Pasar Jepang, BNI Tokyo Pindah ke Business District

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Rekrut Calon Pengawas dan Direksi PD Pakat Beusare dan Perumda Tirta Meulaboh

News

Kejati Aceh Terima Penyerahan Dua Tersangka dugaan korupsi beasiswa Aceh

Aceh Timur

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejari Aceh Timur Gelar Pasar Murah dan Donor Darah

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!