Home / News / Pemerintah Aceh

Rabu, 9 Maret 2022 - 19:51 WIB

Dyah: Pola Asuh Tepat Adalah Modal Utama Bentuk Generasi Cemerlang

REDAKSI

Takengon – Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, mengatakan generasi berkualitas adalah modal utama suatu bangsa dalam menyongsong masa depan cemerlang. Karena itu, pola asuh anak yang tepat menjadi bekal terpenting yang harus diperhatikan oleh para orang tua, untuk mewujudkan generasi hebat.

“Perhatian bagi anak wajib kita berikan, sebab ia adalah pewaris bangsa, jadi orang tua harus bertanggungjawab penuh terhadap perannya sebagai pendidik dan pembentuk karakter anak,” kata Dyah dalam kegiatan penguatan institusi keluarga terkait pola asuh anak dan remaja bagi kader PKK Pokja I, di Aula hotel Linge Land, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga :  Pemerintah Aceh Segera Pugar Makam Pocut Meurah Intan di Blora

Dyah menerangkan, penerapan pola asuh anak dan remaja harus mengikuti masanya serta harus lebih terarah dan efektif. Karena, pola asuh yang kurang optimal dikhawatirkan akan berpotensi menjerumuskan anak pada karakter buruk, yang mana menjadi titik awal terjadi tindakan-tindakan kekerasan, penyalahgunaan narkoba hingga tindak kejahatan lainya.

Sebab itu, pendidikan yang berlangsung di rumah sangat penting, ajaran yang diberikan orang tua akan membentuk mental anak hingga mereka dewasa. “Orang tua adalah guru pertama, anak cenderung mengikuti dan meneladani tingkah laku orang tua, maka itu orang tua harus berikan pendidikan terbaik dengan cinta dan kasih sayang,” jelasnya

Baca Juga :  Eksebisi Sepak Bola Menyambut HUT Bhayangkara Ke - 76 : TNI - Polri Bersama Forkopimda Bersinergi

Beranjak dari persoalan itu, Dyah meminta, agar para kader PKK pokja I yang membidangi pembinaan karakter keluarga, yang juga mencakup pola asuh anak dan remaja, untuk dapat memahami strategi membangun keluarga sejahtera dan harmonis, agar dapat membantu mewujudkan generasi berakhlak dan bermoral.

Dyah berharap, strategi ini, nantinya akan memberikan langkah-langkah konkret bagi kader PKK, untuk kemudian akan disampaikan kembali kepada keluarga dan masyarakat di gampong masing-masing demi pembangunan keluarga yang sehat dan bebas dari berbagai jenis tindakan amoral.

Baca Juga :  Gubernur Aceh: Jadikan Peringatan Isra' Mi’raj Sebagai Momentum Evaluasi Diri

Sementara itu, Ketua Koordinator Pokja 1 PKK Aceh, Feriyana, mengatakan kegiatan penguatan institusi keluarga terkait pola asuh anak dan remaja bagi kader PKK Pokja I dilaksanakan untuk menyiapkan kader dalam mengatur pola asuh anak dengan strategi pendidikan cinta dan kasih sayang.

“Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman bagi pokja 1 dalam mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang, untuk membentuk generasi yang berakhlakul karimah,” ujarnya.(nsa)

Sumber Berita

Share :

Baca Juga

News

VIDEO: Presiden Zelensky: Ini Saatnya Ukraina Negosiasi dengan Rusia

Nasional

Kejagung Nyatakan Berkas Perkara Kasus Ujaran Kebencian Edy Mulyadi  Lengkap

News

Pembangunan Jalan Terwujud, Masyarakat Buloh Seuma Gelar Syukuran

News

Hubungan Amerika dan Inggris Makin Mesra, Tarif Baja Era Trump Dihapus

News

Sebanyak 103 Santri Ma’had Tahfidzul Qur’an Al- Malasyi Angkatan Ke-8 Di Wisudakan

News

IMP3 Salurkan Sembako Untuk Masyarakat Kurang Mampu

News

Besok Mau Zoom Bareng Luhut, Airlangga & Wimboh di MNC Group Investor Forum 2022? Daftar Sekarang di Sini!

News

Libur Panjang, Ini Jadwal Operasional Bank Aceh