Kepala BNPB Tinjau Posko PPKM Gampong Lambung - NOA.co.id
   

Home / Nasional / News

Minggu, 29 Agustus 2021 - 14:57 WIB

Kepala BNPB Tinjau Posko PPKM Gampong Lambung

REDAKSI

NOA | Banda Aceh – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satgas Covid-19 Nasional, Letjen TNI Ganip Warsito, meninjau posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, Minggu, (29/8/2021).

Dalam peninjauan tersebut, Kepala BNPB didampingi oleh Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Safrizal, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Achmad Marzuki, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin dan sejumlah unsur lainnya dari Kodam IM dan Polda Aceh.

Peninjauan itu dilakukan untuk memastikan posko PPKM berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya, sebagai upaya menanggulangi Covid-19 di tingkat desa. Selain meninjau, Kepala BNPB juga membawa bantuan masker untuk masyarakat Gampong Lambung.

Baca Juga :  Pelototin Produksi hingga Distribusi Minyak Goreng Curah, Menperin Pakai SIMIRAH

Pada kesempatan tersebut, Kepala BNPB dan rombongan mendapat penjelasan dari Keuchik Gampong Lambung, Yasir, terkait pelaksanaan sejumlah kegiatan di posko mereka. Keuchik juga menjelaskan kondisi kasus Covid-19 di gampong yang ia pimpin.

Kepala BNPB, Ganip Warsito, meminta unsur Gampong Lambung untuk saling bersinergi dalam melakukan penanganan virus corona. Ia meminta protokol kesehatan diketatkan, agar tidak terjadi transmisi lokal. “Tujuan kami ke Aceh ingin mengetahui kondisi perkembangan Covid-19, karena kenaikan kasus positif dan angka kematian meningkat. Karenanya kita bersama Pemprov membahas dan melakukan langkah-langkah dalam upaya penurunan kasus,” kata Ganip.

Baca Juga :  Polisi Subulussalam Bantu Warga yang RumahnyaTerbakar, Kapolda Aceh: Terima Kasih Atas Dedikasi dan Pengabdiannya

Jenderal bintang tiga itu menambahkan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menanggulangi Covid-19, yaitu, mengurangi mobilitas penduduk dan mengetatkan protokol kesehatan. Selanjutnya adalah meningkatkan testing, tracing dan treatment. “Testing inilah yang bisa memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Dengan mengetahui orang yang terpapar covid, maka kontak eratnya juga akan diketahui. Dan disitulah kita akan mengisolasi orang-orang yang terpapar sehingga virus tidak lagi menyebar kepada yang lain,” kata Ganip.

Ka Satgas itu mengapresiasi seluruh unsur Satgas Covid-19 Gampong Lambung yang selama ini telah melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi jangkitan virus corona. Ia meminta mereka untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam bekerja, sebab kolaborasi menjadi kunci penanggulangan corona.

Baca Juga :  Persiapkan Data Desa Presisi, Bakri Siddiq Blusukan ke Gampong Ceurih

Pada kesempatan yang sama Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Safrizal, mengingatkan seluruh elemen masyarakat jika Covid-19 bukanlah aib. Ia mengatakan, orang yang terpapar virus corona dapat menjadi pahlawan dengan cara melindungi orang lain. “Caranya adalah melakukan protokol penanganan yang ketat, agar orang lain terlindungi. Karena kapasitas kesehatan kita terbatas,” ujar Safrizal.

Sementara itu, Keuchik Gampong Lambung, Yasir, menyampaikan terimakasih atas kehadiran Kepala BNPB dan rombongan ke gampongnya. Ia mengatakan, dukungan semua pihak begitu penting agar upaya penanggulangan Covid-19 berjalan efektif. []

Share :

Baca Juga

News

Sistem Informasi Kepegawaian: Manfaat, Fungsi dan Fitur yang Wajib Ada di Dalamnya

News

FLS2N Tahun 2021, Siswa Aceh Raih Medali Perunggu

News

Demokrat Pidie Jaya Nobar Konferensi Pers Ahy Deklarasi Anis Capres, Teuku Guntara : Kami Optimis

News

PPKM Diperpanjang, Masuk RI dan Naik Haji Boleh Lewat Bandara Ini

News

Atasi Kelangkaan, Pengamat: Serahkan Distribusi Solar Subsidi Sepenuhnya ke Pertamina

News

IHSG Hari Ini Berpeluang Terus Membaik di Kisaran 7.072-7.201

News

Munawar Ibrahim Sosok Leader Yang Menjadi Idaman Masyarakat Untuk Pj Bupati Pidie Jaya

News

Wabup Lepas Kontingen Voli Ke Pra Pora, Ini Harapannya