Home / Pemerintah Aceh

Jumat, 14 Oktober 2022 - 16:31 WIB

Kunjungi Museum Pedir, Ketua Dekranasda Aceh Nyatakan Minat Replikasi Beberapa Kerajinan Asli Aceh

REDAKSI

NOA | Banda Aceh – Ketua Dekranasda Aceh, Ayu Candra Febiola Nazuar mengunjungi Museum Pedir, di Gampong Punge Blang Cut Banda Aceh, Jumat 14 Oktober 2022. Dalam kunjungan itu, wanita yang akrab disapa Ayu Marzuki itu menyatakan minatnya untuk mereplikasi beberapa pakaian tradisional dan kain-kain kasab dengan motif khas Aceh. Hasil replika itu nantinya akan menjadi koleksi dari Dekranasda Aceh, sehingga bisa dipamerkan sebagai bentuk karya dengan motif asli Aceh, dan tentunya generasi masa depan akan mengenal kebudayaan asli daerahnya.

Sebelum itu, Masykur Syafruddin Lueng Putu, Direktur Pedir Mesum, mengatakan, jika dirinya dengan senang hati meminjamkan beberapa koleksi Pedir Museum, jika ada yang berkeinginan mereplikanya. Tawaran Masykur langsung diaminkan oleh Ayu Marzuki. “Saya mau. Kalau boleh dan diizinkan saya mau,” kata dia.

Baca Juga :  Surat Gubernur ke Airline Ditanggapi, ' Citilink Kembali Terbang ke Aceh

Ayu Marzuki mengatakan, keunikan dan keindahan hasil karya masyarakat dan kerajaan Aceh di masa lampau sangat perlu untuk disampaikan kepada semua khalayak, sebagai informasi sejarah. Beberapa benda sejarah di Pedir Museum, antara lain seperti koin emas dan dirham, naskah kuno, senjata perang, kain kasab dan pakaian (rompi dan celana) hingga batu-batu nisan, menandakan bahwa Aceh adalah salah satu pusat peradaban dunia di masanya. “Ini keren banget lho. Memang ini hanya benda, tapi nilainya luar biasa,” kata Ayu Marzuki.

Baca Juga :  Gubernur Nova Kembali Surati Jakarta, Minta Pembukaan Bandara SIM sebagai Entry Point Penerbangan Internasional

Ia mendapatkan informasi, jika Masykur sebagai kolektor dan pecinta sejarah mengumpulkan karya-karya ‘agung’ itu selama hampir 10 tahun. Beberapa disumbangkan oleh masyarakat, namun sebagian besarnya dibeli dari para kolektor baik di dalam maupun di luar negeri.

Ayu Marzuki mengatakan, Indonesia mengenal bahwa Aceh punya beragam produk kerajinan dan motif yang juga populer hingga ke mancanegara. Namun, Pedir Museum mengoleksi suatu hal yang luar biasa, di mana hasil koleksi mereka adalah produk riil Aceh masa lampau. “Ini riil Aceh punya. Saya mau meminjamnya untuk mereplika, yang nantinya sebagai koleksi Dekranasda Aceh,” kata Ayu.

Baca Juga :  Dyah Sambangi Galeri Mutiara Riana Meilia Lombok NTB Pearl

Dalam waktu dekat, ia berencana mengajak serta desainer Aceh untuk mempelajari hasil desain dan motif yang tertera baik pada pakaian hingga kain kasab koleksi Pedir Museum, untuk direplikasi kembali dalam karya terbaru.

Sumber Berita

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Kepala BPPA Hadiri Acara Puncak Hari Pers Nasional 2024 

Pemerintah Aceh

Sambut Hari Besar Islam, Pemerintah Aceh Tambah Libur ASN Dua Hari Setelah Hari Raya Idul Adha

Pemerintah Aceh

DPKA Raih Penghargaan Tim Sinergi Provinsi Terbaik Program TPBIS 2022

Pemerintah Aceh

Pj Bupati Aceh Besar Hadiri Rakor Bersama Mendagri dan Menko Polhukam

Pemerintah Aceh

Sekda Aceh Tinjau Kondisi Terbaru Jalan Trumon – Singkil

Pemerintah Aceh

Kadis Peternakan Aceh: 44.414 Ternak Warga Sembuh dari PMK

Pemerintah Aceh

Asisten Sekda Aceh Ikut Tanam Bibit Mangrove Bersama KSAD di Gampong Blang

Pemerintah Aceh

Sekda Tinjau UPTD Rumah Kemasan Aceh