Home / Aceh Barat / Pemerintah

Sabtu, 11 November 2023 - 23:39 WIB

Pj Bupati Aceh Barat Terima Penghargaan di Istana Wapres 

REDAKSI - Penulis Berita

Jakarta – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi, Kamis (09/11/20 23), menerima penghargaan dalam acara Rakornas di Istana Wakil Presiden yang dipimpin langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin. Penghargaan yang diterima adalah dalam bentuk Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023, sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat kepada pemerintah daerah.

 

Penghargaan itu sesuai dengan SK Menkeu RI Sri Mulyani nomor 350 tahun 2023. Sebelumnya ceremoni penghargaan juga telah dilakukan tanggal 3 Oktober 2023 lalu di Jakarta, yang saat itu diserahkan oleh Menkeu Sri Mulyani dan Mendagri Tito Karnavian.

Baca Juga :  Aceh Besar Raih Juara I SP2KP SSe Indonesia Atas Pemberian Informasi Harga

 

Dalam SK Menkeu nomor 350 itu, Aceh Barat meraih Dana Insentif Fiskal melalui tiga katagori sekaligus, yaitu Katagori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Kinerja Penggunaan Produk dalam Negeri serta Percepatan Belanja Daerah. “Alhamdulillah, kemarin, Pak Wapres khusus memberikan penghargaan untuk kategori Penghapusan Kemiskinan Ekstrem,” kata Mahdi.

 

Wapres Ma’ruf Amin dalam arahannya mengatakan, bahwa ini semua berkat kerja keras bersama seluruh pemangku kepentingan, yakni kerja aktif kepala daerah dalam penghapusan kemiskinan ekstrem. “Oleh karena itu sebagai apresiasi, Pemerintah memberikan penghargaan berupa intensif fiskal kinerja tahun berjalan. Dana intesif ini nantinya dapat dimaksimalkan untuk pengentasan kemiskinan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh rakyat,” kata Wapres.

Baca Juga :  Hari Pertama Masuk Kerja Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri 1444H, Sekda Sidak OPD Pemerintah Setempat

Selain itu, ia selaku Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Wapres juga memaparkan pemerintah menargetkan nol persen penambahan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024, dalam jangka waktu yang tersisa satu tahun. “Untuk itu perlu saya tekankan kepada kepala daerah dalam menyusun program dan kegiatan serta keberpihakan anggaran daerah untuk percepatan penghapusan kemiskinan. Saya minta konsistensi kepada kepala daerah itu terjaga,” ujarnya.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Cut Nyak Dhien Aceh Barat Kembali Sosialisasi Prokes

Di sisi lain, Pj Bupati Mahdi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatian kepada Aceh Barat dalam mendukung program upaya penghapusan kemiskinan ekstrem tahun berjalan.

“Pencapaian ini dapat terwujud dengan kolaborasi dan kerjasama serta sama bekerja seluruh pemangku kepentingan di Aceh Barat. Saya dedikasikan penghargaan ini untuk semua elemen di Aceh Barat yang telah begitu konsisten dalam menjalankan program penanggulangan kemiskinan ekstrem di Aceh Barat,” pungkas Mahdi. []

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Ikut MTQ Aceh ke XXXV di Bener Meriah, Ramli Lepas Keberangkatan Kafilah Aceh Barat

Pemerintah

Satpol PP dan WH Gelar Aksi Bakti Sosial Memperingati HUT ke 73

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Lepas 10 Ribu Bibit Ikan Nila di Gampong Ulee Tuy

Aceh Besar

Pj Bupati Minta ASN Tingkatkan Loyalitas dan Pengabdian

Aceh Barat

Wakili Pj. Bupati, Sekda Aceh Barat Tutup Secara Resmi Kegiatan Eksebisi Bersama UMKM 2023

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Lauching Penyaluran Bantuan Pangan Candangan Beras Tahap I 2024 

Aceh Besar

Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW, Sekda Aceh Besar Terima Donasi Palestina

Banda Aceh

Pertama Di Indonesia, PLN Produksi _Green Hydrogen_ 100 Persen Dari EBT Kapasitas 51 Ton Per Tahun