Pj Bupati Aceh Tenggara Tanggapi Laporan Lsm Perkara Soal Kades Kane Mende - NOA.co.id
   

Home / News

Selasa, 5 September 2023 - 13:12 WIB

Pj Bupati Aceh Tenggara Tanggapi Laporan Lsm Perkara Soal Kades Kane Mende

FARID ISMULLAH

NOA | Aceh Tenggara – Laporan Lsm Pemerhati Kinerja Aparatur Negara (PERKARA) yang ditujukan langsung kepada Pj Bupati Aceh Tenggara Drs Syakir MSi pada tanggal 20 Juli 2023 lalu, terkait pemberhentian sekretaris dan kaur pembangunan tanpa musyawarah dan qanun serta undang-undang desa Nomor: 06 tahun 2014 tentang pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa oleh Joni Tarigan Kepala Desa Kane mende, Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara berbuntut panjang.

Hal tersebut disampaikan Izharuddin Ketua DPC Lsm Perkara Aceh Tenggara, kepada media NOA.CO.ID Selasa (5/9/2023) di Kantor Sekretariat Lsm Perkara Jalan Jederal Ahmad Yani Pajak Inpres No 7 Kutacane.

Baca Juga :  KPA Kecam Keras Pemerintah Aceh dan DPRA Kunjungan ke Negeri Paman Sam

Menurut Izharuddin, laporan perbuatan semena-mena Kades Kane Mende telah disampaikan kepada Pj Bupati Drs Syakir MSi. Kemudian direkomendasikan kepada Kabag Tata Pemerintahan untuk ditindaklanjuti, namun pihak tata pemerintahan hanya memanggil Joni Tarigan selaku Kades Kane Mende sebagai terlapor.

Setelah satu bulan lebih laporan pihak yang dirugikan yaitu mantan sekretaris dan kaur pembangunan tidak pernah dipanggil untuk dimintai keterangan, terkait dasar apa diberhentikan dan penyebab apa maka mereka diberhentikan.

Baca Juga :  Ujrah Hanya 4.500. KEPO-in Gadai Emas Bank Aceh, Bebas Biaya Adm dan Free Souvenir

Oleh karena itu, “Saya selaku Ketua Lsm Perkara bersama mantan sekretaris dan mantan kaur pembangunan beserta beberapa masyarakat pada Senin (4/9/2023) kemarin mempertanyakan langsung tindaklanjut laporan Lsm Perkara terkait pemberhentian sekdes dan kaur pembangunan secara sepihak oleh Kades Kane Mende kepada Pj Bupati Aceh Tenggara,” ujar Iz.

Pj Bupati Aceh Tenggara dengan sigap langsung menelpon Ardian Busra, SSTP M.AP Kabag tata pemerintahan, dan memerintahkan untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Kemudian Pj Bupati dengan tegas via telepon selulernya memerintahkan Joni Tarigan Kades Kane Mende dan Juanda SE selaku camat leuser untuk menghadap setelah selesai pemeriksaan nantinya.

Baca Juga :  Menteri Sosial Tinjau Lokasi Banjir di Aceh Tenggara

Atas perintah tegas Pj Bupati Aceh Tenggara, staf kabag tata pemerintahan melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Joni Tarigan untuk dimintai keterangan sebab dan kronologis pemberhentian sekdes dan kaur pembangunan.

Selain itu Joni Tarigan juga diketahui tidak membayarkan dua bulan gaji mereka sebelum diberhentikan secara sepihak dan semena-mena oleh kades yang diduga mengangkangi Qanun dan undang undang serta peraturan yang berlaku, tegas Izharuddin ketua Lsm Perkara Aceh Tenggara.

Editor: Musnizar

Share :

Baca Juga

News

Peringati 18 tahun Tsunami, Pemerintah Aceh Santuni Puluhan Anak Yatim

News

Subsidi Minyak Goreng Gurah Dicabut, Kemenperin Jamin Harga Tetap Rp14.000/Liter

News

Gubernur Aceh Terima Audiensi Staf Khusus Presiden RI, Ayu Kartika Dewi, Ini yang Dibahas

News

Jurnalis Rusia Peraih Nobel Disiram Cat usai Protes Invasi Ukraina

News

Terkait Kabid Sebut Wartawan Tak Ada Otak, Armayadi: Secara Pribadi dan Institusi Saya Tidak Mau Ini Terjadi

News

Abu Tumin Berpulang, Kapolda Aceh Berduka dan Merasa Kehilangan

News

Kantongi Pendanaan Rp1,16 Triliun, Aplikasi Ini Ingin Ciptakan Budaya Sadar Investasi

News

Muslim Italia Akan Donasikan Zakat Ramadan ke Ukraina