PJIDN Aceh Singkil Minta Pemerintah Serius Awasi Pembangunan Jalan Pemukiman Desa Pea Jambu - NOA.co.id
   

Home / News

Selasa, 14 Desember 2021 - 10:13 WIB

PJIDN Aceh Singkil Minta Pemerintah Serius Awasi Pembangunan Jalan Pemukiman Desa Pea Jambu

REDAKSI

Pengerjaan proyek APBA-OTSUS tersebut sudah masuk tahap pengecoran badan jalan dengan sistem pencoran besi wermes sambung dua

Pengerjaan proyek APBA-OTSUS tersebut sudah masuk tahap pengecoran badan jalan dengan sistem pencoran besi wermes sambung dua

NOA | Aceh Singkil – Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi Nusantara (PJIDN) Perwakilan Aceh meminta pemerintah serius dalam mengawasi pembangunan di Aceh Singkil, salah satunya seperti pembangunan jalan pemukiman di Desa Pea Jambu, Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil.

Melalui Ketuanya, Ayub Bancin kepada noa.co.id, Selasa (14/12/2021) meminta pemerintah harus proaktif terkait pada pengawasan pembangunan jalan tersebut. Sehingga, pembangunan yang diharapkan masyarakat tersebut sesuai rancangan anggaran biaya (RAB).

“Kita ketahui saat ini masa waktu pelaksanaan sudah dekat sehingga  dikhawatirkan tidak mengedepankan kualitas mutu pengerjaan, lantaran paket pekerjaan dikerjakan sudah mendekati masa limit akhir,” kata Ayub Bancin.

Dijelaskan Ayub, sesuai dengan Pagu Anggaran tertulis di papan biaya proyek Pelaksanaan Paket APBA-Otsus plot anggaran Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dengan anggaran Rp374.836.925.30, nomor kontrak 602.1/196/11.10/SP/PLP-WIL.VI/2021, Tanggal kontrak 22 November 2021, volume 1 paket, pelaksana CV.Putra Cipta Persada.

Baca Juga :  Ratusan Warga Ikuti Vaksinasi di Desa Lentong

“Disitu tertulis waktu pelaksanaan 30 hari kalender, jadi selesai pengerjaan proyek tersebut pada 20 Desember 2021, hanya tinggal beberapa hari lagi,” terang Ayub.

Pantauan media ini, pengerjaan proyek APBA-OTSUS tersebut sudah masuk tahap pengecoran badan jalan dengan sistem pencoran besi wermes sambung dua, di tengah terlihat dikosongkan dan juga tidak terlihat batu pecah atau seprit atau batu mangga kecil.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Pea Jambu, Suparman menuturkan, pada prinsip pembangunan jalan desa di pemukiman itu memang sangat didukung. Sebab, masyarakat hanya sebagai penerima manfaat. “Terkait sistem kerja saya kurang paham, baik gambar maupun lainnya tentang teknis kerja,” singkatnya.

Baca Juga :  Ungkap Kasus Pembunuhan Kurang dari 24 Jam, 16 Polisi di Aceh Singkil Dapat Reward 

Sementara itu, menurut kepala tukang pengerjaan proyek tersebut, Amin mengakui, pengerjaan pengecoran badan jalan tersebut memang seperti itu. “Terkait besi kosong tengah nanti bisa disambung dengan besi kawat dan sebagian sudah kami pasang dan kalau tentang gambar kebetulan tinggal dan lebih jelas tanya lalu ia ke Suhelmi sebagai pengawas,” katanya.

Pengawas lapangan, Suhaimi menegaskan, sistem kerja memang seperti itu dan begitu juga pada pemasangan lainnya seperti jembatan.

Baca Juga :  Antusiasme Warga Danau Bungara Ikut Vaksin Halal Dan Sehat Berhadiah 

Dikatakannya, pekerjaan pencoran jalan pemukiman Desa Pea Jambu ini ada dua titik, pertama dengan panjang 140 meter dengan lebar 5 meter dan satu lagi lebih kurang 100 meter dengan lebar 3 meter dengan ketebalan 15 sentimetel. “Sebelum pengecoran sudah digiling oleh bomak untuk pemerataan tanah,” terang Suhaimi.

Lalu mengenai besi wermes sistem sambung kosong tengah, Suhaimi  menyebutkan, itu biasa karena beban mobil lewat tetap di pinggir. “Itu pun ada juga kita kasih besi dan mengenai batu pecah tidak ada di gambar,ini kita laksanakan sesuai dengan gambar dan PPATK dari Dinas juga hadir,”terangnya.(Khai).

Share :

Baca Juga

News

Sembilan Kecamatan di Aceh Jaya Terendam Banjir

News

Babinsa Simeulue Pantau Perkembangan Kebun Hidroponik Milik Warga

News

PPI Kuala Pasie Peukan Baro Sigli Terbengkalai

News

Putra Mahkota Saudi Pangeran MbS Telepon Xi Jinping, Singgung Uighur

News

Mau Kuliah di Bandung? Segini Biaya Makan, Kos hingga Naik Angkot

News

Musliadi Ajak Seluruh Masyarakat Simeulue Dukung Mualem Pilgub 2024

News

Kelola Pelabuhan Bebas Sabang, Sulaiman: BPKS Berjalan Sendiri 

News

Desa Sikalondang Salurkan BLT Tahap III Tahun 2021 Empat Bulan Sekaligus