Home / News / Pidie Jaya

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:36 WIB

Tekan Angka Kemiskinan Ekstrim, Pj Bupati Pidie Jaya Rakor Bersama TKPK

Penulis: Muhammad Rissan

Pidie Jaya –  Dalam rangka mengentas kemiskinan ekstrem Pj. Bupati Pidie Jaya Ir. Jailani membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Verifikasi dan Validasi Penetapan Data Keluarga Miskin Ekstrem bersama TKPK ( Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan) di Kabupaten Pidie Jaya,  ruang Opproom Bappeda Pidie Jaya. Rabu. 21/02/2024.

Pj Bupati Pidie Jaya Ir. Jailani menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Pidie Jaya telah ditetapkan dan menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya.

“Di mana menjadi target 0% pada tahun 2024 ini sesuai dengan sustainable Development Goals yang sudah ditetapkan oleh pemerintah nasional maupun provinsi dan kabupaten”. Kata Pj Bupati Pidie Jaya Ir. Jailani saat membuka acara Rakor pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Aula Bappeda Pidie Jaya.

Baca Juga :  Putin Tuduh Ukraina Sebarkan Provokasi Terkait Pembantaian di Bucha

Untuk pelaksanaannya di mana strategi tersebut terdapatnya kantong-kantong kemiskinan kemudian dengan strategi peningkatan data sasaran perencanaan penganggaran integrasi program kegiatan dan melibatkan partisipasi masyarakat dan lintas sektoral.

Untuk dasar hukum pelaksanaan dengan adanya instruksi Presiden, Gubernur Aceh serta keputusan Pj. Bupati Pidie Jaya tentang penanggulangan kemiskinan ekstrim khususnya se-Kabupaten Pidie Jaya.

Baca Juga :  Impian Cyrus Margono Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia

Sebagai salah satu daerah yang mampu menurunkan angka kemiskinan ekstrim Kabupaten Pidie Jaya berhasil turunkan angka kemiskinan dari 7,26 persen tahun 2021 turun menjadi 4,37 persen pada tahun 2022.

Ia yakin bahwa angka kemiskinan ekstrim di Pidie Jaya semakin menciut, yang disebabkan pada tahun 2023 ini sejumlah program diluncurkan untuk menanggulangi persoalan tersebut, baik itu melalui APBK maupun dengan dana desa di setiap gampong.

Lebih lanjut Pj Bupati Ir. Jailani menerangkan bahwa, Pemkab Pidie Jaya akan dilakukan pemadanan, sehingga menghasilkan data yang benar – benar valid. Dan penanggulangan kemiskinan ekstrim ini akan tetap terus dilakukan secara konvergen melalui konsolidasi seluruh sektor.

Baca Juga :  Ikut Invasi Rusia ke Ukraina, Petempur Suriah Dibayar Rp 100 Juta per Bulan

Maret 2023 berdasarkan data BPS, tingkat kemiskinan ekstrim di Indonesia sudah turun signifikan hingga mencapai 1,12%. Penurunan angka kemiskinan ekstrim yang signifikan tersebut merupakan hasil kerjasama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. (Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Pidie Jaya)

Share :

Baca Juga

News

Nikmati Duel dengan Charles Leclerc, Max Verstappen: Dia Cerdas!

Nasional

Dipakai Ukraina Melawan Rusia, Bagaimana Molotov Jadi Nama Bom Rakitan?

News

Bank Aceh Kembangkan Transaksi Lintas Negara

News

Kunker Ke Palembang, Ini Rencana Kegiatan Ketua Dekranasda Aceh

Lhokseumawe

Jumat Berkah Berbagi dan Peduli, Polres Lhokseumawe Santuni Puluhan Yatim Piatu

News

Kodim Pidie Gelar Pertandingan Lanjutan Liga Santri PSSI Piala KASAD Tahun 2022

News

Barcelona Tampil Buruk di Lima Laga El Clasico, Xavi Hernandez Siap Hadirkan Kemenangan

News

Arifin Panigoro Meninggal Dunia, Ananda Sukarlan: Banyak Jasa di Dunia Musik dan Seni