Tokoh Adat Aceh: Gestur Tubuh Gubernur di Hadapan Presiden Bentuk Ta’dzim Kepada Pimpinan - NOA.co.id
   

Home / News

Senin, 20 September 2021 - 20:04 WIB

Tokoh Adat Aceh: Gestur Tubuh Gubernur di Hadapan Presiden Bentuk Ta’dzim Kepada Pimpinan

REDAKSI

NOA | Banda Aceh – Tokoh Adat Aceh yang juga Penasehat Lembaga Majelis Adat Aceh (MAA) periode 2021-2026, Azhari Basar, menilai gestur tubuh Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat berbincang di hadapan Presiden Republik Indonesia yang belakangan viral di media sosial, merupakan hal yang wajar dan tidak berlebihan.

Menurutnya sudah semestinya bersikap dengan posisi yang demikian, di hadapan pimpinan dan juga orang tua bangsa. “Adat Aceh sekalipun juga menganjurkan demikian, itu bukan hal tabu dan aneh. Adat kita Aceh sendiri demikian, tapi ini yang dilupakan generasi saat ini,” kata Azhari Basar kepada awak media massa menanggapi foto Gubernur Aceh bersama Presiden RI yang diviralkan segelintir orang, di Banda Aceh, Senin, (20/9/2021).

Baca Juga :  Dosen Unimal Rintis Lembaga Rumah Modal Umat Berbasis Mosque Center

Azhari merasa heran dengan komentar beberapa orang di media sosial, yang menilai sikap gubernur tersebut sebagai hal berlebihan dan bahkan dianggap negatif.

Padahal, kata dia, sikap demikian merupakan bentuk ta’dzim dan menjadi adat serta reusam budaya Aceh yang menghargai sekaligus takzim terhadap pimpinan.

Menurut Azhari, sikap ta’dzim dan hormat kepada orang yang dituakan, justru kini mulai pudar di kalangan masyarakat Aceh. Utamanya generasi muda.
Ia mengatakan, semestinya sifat tersebut perlu dilestarikan dan dijaga.

Baca Juga :  Balada Demokrasi Di Pidie Jaya

“Memang budaya ta’dzim sudah makin tergerus dari masyarakat kita yang terkesan mengarah egaliter. Saya kira lembaga adat dan tokoh-tokoh masyarakat perlu turun tangan untuk meluruskan hal ini. Seperti kata nadham Aceh ; ‘pang ulee nanggroe wajeb tasanjong, bek sampe teulhon adat budaya’,” kata Azhari.

Lebih lanjut, Azhari mengapresiasi sikap gubernur Aceh yang menunjukkan ta’dzim dan hormat kepada pimpinannya. Sebagai pemimpin gubernur telah memberi contoh yang baik bagi masyarakatnya dalam bersikap hormat kepada pimpinan dan orang tua.

Baca Juga :  Cuan, Penjualan Timah MSP Sepanjang 2021 Naik hingga 74 Persen

“Sejauh ini tidak berlebihan saya pikir dan kita tahu postur tubuh pak gubernur lebih tinggi sedikit dari pak Jokowi sehingga terkesan pak gubernur seperti sedikit membungkuk, mungkin ini yang dianggap beberapa orang berlebihan. Tapi menurut saya itu wajar di hadapan orang yang dituakan,” ujar Azhari.

Azhari berharap, Gubernur Aceh selalu dalam keadaan sehat. Ia berharap gubernur tetap konsisten dengan sikap ta’dzimnya kepada pimpinan negara, ulama dan orang yang dituakan lainnya di negeri ini. (Hp)

Share :

Baca Juga

News

Pemalsuan Tanda Tangan JK, Aktivis Minta Erick Thohir Tak Bela Arief Rosyid

Nasional

Jaksa Agung RI Lantik Wakil Jaksa Agung, Jaksa Agung Muda Intelijen, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Jaksa Agung Muda Pengawasan

News

Muswil KAHMI Momentum Memperkuat Organisasi

News

KIP Pidie Jaya Sosialisasi SIAKBA Pemilu 2024 Kepada Stakeholder Lintas sektor, Ini Jadwal Pendaftaran PPK

News

Lintas Angkatan Alumni SMA N Meureudu Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

Aceh Besar

Hadiri Pelantikan PPK, Pj Bupati Aceh Besar Tegaskan Agar Bekerja Sesuai Kode Etik

News

Dayah Bustanul Huda Al-Waliyah Peringati Haul Abu H Muhammad Yusuf bin Harun Ke 11

News

Cabuli Anak Dibawah Umur,  Kakek 53 Tahun Dibekuk Polisi