Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Besar Terima 351 Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry 2023  - NOA.co.id
   

Home / Aceh Besar / News

Senin, 18 September 2023 - 21:54 WIB

Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Besar Terima 351 Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry 2023 

REDAKSI

Kota Jantho – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM diwakili Sekretaris Daerah Drs Sulaimi MSi menerima penyerahan sebanyak 351 mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Reguler UIN Ar Raniry Banda Aceh semester ganjil tahun akademik 2023/2024, yang akan melaksanakan kegiatan KPM di 3 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar. Yaitu Kecamatan Montasik, Blang Bintang dan Suka Makmur. Acara itu berlangsung di Halaman Kantor Camat Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (18/09/2023).

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati melalui Sekda Sulaimi MSi menyampaikan, aras nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar ia mengucapkan selamat datang kepada rektor UIN Ar-Raniry, civitas akademik, para dosen dan seluruh mahasiswa peserta KPM yang akan melaksanakan pengabdian di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

“Terima kasih kepada Rektor dan civitas akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang selalu memilih Kabupaten Aceh Besar sebagai salah satu lokasi pelaksanaan KPM, tentu kami menyambut baik penyerahan mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry Banda Aceh kepada Pemkab Aceh Besar yang kita laksanakan pada hari ini,” katanya

Baca Juga :  BSI Jadi Bank BUMN, Erick Thohir Pastikan Tak Monopoli Perbankan Syariah

Lebih lanjut, kegiatan KPM ini merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri antara mahasiswa dengan masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dan ini juga merupakan suatu tugas pengabdian yang dibebankan kepada mahasiswa peserta KPM sebagai perwujudan nyata, keterikatan emosional antara dunia kampus dengan masyarakat serta dapat memberikan banyak manfaat dibidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan teknologi,” paparnya

Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya semata-mata untuk menyelesaikan kewajiban tuntutan kurikulum yang dibebankan oleh universitas kepada mahasiswa sebelum menyelesaikan studi.

“Namun, melalui kegiatan ini lah mahasiswa dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing,” ujarnya

Baca Juga :  Kegelisahan Yerusalem saat Kekerasan Berkobar di Situs Suci

Ia berharap, dengan pelaksanaan KPM ini para mahasiswa mendapat tambahan keterampilan, informasi, wawasan dan pemahaman terhadap permasalahan yang sedang dialami di Gampong yang menjadi lokasi pengabdian. Sehingga nantinya para mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang didapatkan serta mampu memberikan solusi dan perubahan sekaligus kontribusi positif bagi pembangunan di gampong dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.

“Khususnya untuk gampong tempat pengabdian saudara-saudara peserta KPM,” harapnya

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof. Dr Mujiburrahman, M Ag mengatakan, pengabidian ini merupakan kuliah yang sebenarnya saat berada ditingah-tengan masyarakat, mereka butuh pencerahan dari masyarakat baik dari aspek keilmuan dan juga mendapatkan pencerahan nilai-nilai kearifan lokal, budaya, adat-istiadat yang berlaku di masyarakat.

Baca Juga :  Sudah Bertahun Dinanti Warga, Kini Ruas Jalan Kemungkiman Blang Seunong Selesai Direhap

“Hal tersebut sangat penting, sebab para mahasiswa ini nantinya juga akan kembali kepada masyarakat,” tuturnya

Disamping itu, Prof Mujiburrahman mengingatkan bahwa untuk menggapai sebuah cita-cita dan kesuksesan itu sangat tergantung bagaimana kita mencermati dan memahami nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat.

“Salah satunya dengan memahami karakter kearifan lokal yang ada, bagaimana cara bergaul dengan baik dan menggunakan tutur kata sopan dan bijak pada saat bersama masyarakat,” ucapnya

Diakhir sambutannya, meminta kepada para Mahasiswa Peserta KPM agar menjaga nama baik Almamater UIN Ar Raniry, Begitu juga dengan masyarakat setempat jalinlah komunikasi dan silaturrahmi yang baik serta terus dapat berbagi pengetahuan dan mengayomi masyarakat demi kemajuan Kabupaten Aceh Besar tercinta ini.

“Semoga pengalaman ini dapat menjadi pelajaran berharga dan berkesan bagi kita semua,” pungkas Prof. Mujiburrahman.

Share :

Baca Juga

News

Mendaftar Jadi Calon Ketua PWI, Azhari Mengajak Wartawan Untuk Lebih Kuat

News

Ngerinya Dampak Inflasi AS: Bisa Munculkan Resesi Ekonomi

News

Mudik Lebaran 2022 Lancar, BUMN PT BKI Apresiasi Mitra Industri Pelayaran

News

Perjanjian Pajak Berusia 30 Tahun AS-Rusia Rusak Imbas Perang Ukraina

News

Ini Cara Babinsa di Blangpidie Komit Dorong Ekonomi Petani

Internasional

Indonesia Tidak ada rencana untuk membuka Hubungan Diplomatik dengan Israel

News

MTA Jelaskan Maksud Arahan Mendagri Soal Kebijakan Anggaran

News

Pj Gubernur Aceh Sambut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bandara SIM