Home / Pemko Banda Aceh

Selasa, 11 November 2025 - 10:39 WIB

Pemko Banda Aceh Siapkan Formula Terbaik Tangani Keluhan Warga Lewat Replikasi Aplikasi JAKI

mm Redaksi

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Banda Aceh, M. Nurdin, saat menghadiri Pertemuan Teknis Replikasi Aplikasi JAKI bersama Tim Jakarta Smart City di JB Tower Jakarta, Senin (10/11/2025). Foto: Dok. Diskominfo Kota Banda Aceh

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Banda Aceh, M. Nurdin, saat menghadiri Pertemuan Teknis Replikasi Aplikasi JAKI bersama Tim Jakarta Smart City di JB Tower Jakarta, Senin (10/11/2025). Foto: Dok. Diskominfo Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik, khususnya dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat. Pemko kini tengah mempersiapkan formula terbaik yang akan diadopsi melalui replikasi Aplikasi Jakarta Kini (JAKI), hasil kerja sama dengan Jakarta Smart City (JSC).

Hal ini disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Banda Aceh, M. Nurdin, saat melakukan Pertemuan Lanjutan Teknis Replikasi Aplikasi JAKI dengan Tim JSC Jakarta di JB Tower, Jakarta, yang diterima langsung oleh Ari Setiobudi, selaku Manajer Komunikasi dan Pemasaran JSC, Senin (10/11/2025).

Baca Juga :  Urus Segalanya dalam Satu Atap, MPP Banda Aceh Hadirkan 158 Layanan untuk Warga

Menurut Nurdin, aplikasi yang akan diadaptasi ini difokuskan untuk meningkatkan efektivitas respon terhadap keluhan masyarakat, baik yang disampaikan melalui media sosial, kanal pengaduan langsung, maupun saluran lainnya.

“Saat ini yang menjadi prioritas kita adalah bagaimana merespons dengan cepat dan tepat setiap keluhan masyarakat. Karena itu, kita ingin menemukan formula terbaik agar laporan warga benar-benar mendapat tindak lanjut yang memuaskan,” ujar Nurdin.

Baca Juga :  Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh Raih Status Puskesmas Ramah Anak Terstandar dari Kemen PPPA

Ia menambahkan, salah satu kendala yang selama ini dihadapi adalah masih adanya warga yang belum memperoleh umpan balik (feedback) yang memadai terhadap laporan yang mereka sampaikan.

“Dengan aplikasi ini, kita berharap pengaduan dapat dikelola secara evidence-based, artinya setiap laporan masyarakat akan memiliki bukti tindak lanjut yang dapat dipantau,” jelasnya.

Nurdin juga menjelaskan bahwa aplikasi tersebut akan memiliki sistem verifikasi yang mampu membedakan laporan valid dan tidak relevan, sehingga dinas terkait dapat memprioritaskan penanganan pengaduan yang benar-benar mendesak.

Baca Juga :  Pemko Banda Aceh Salurkan 199 Ton Beras dan 39 Ribu Liter Minyak Goreng untuk 9.996 KPM

“Semua laporan akan terdata dan terintegrasi dengan sistem layanan Pemko, agar tidak ada lagi keluhan masyarakat yang terabaikan,” pungkasnya.

Pertemuan teknis ini turut dihadiri oleh Plt Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh serta Tim E-Government Pemko Banda Aceh, yang secara langsung berdiskusi dengan Tim JSC mengenai proses adaptasi teknologi, keamanan data, dan strategi implementasi aplikasi di Banda Aceh.

Editor: Amiruddin. MKReporter: Redaksi

Share :

Baca Juga

Pemko Banda Aceh

Urus Segalanya dalam Satu Atap, MPP Banda Aceh Hadirkan 158 Layanan untuk Warga

Pemko Banda Aceh

Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh Raih Status Puskesmas Ramah Anak Terstandar dari Kemen PPPA

Pemko Banda Aceh

Konter Imigrasi di MPP Banda Aceh Ramai Dikunjungi Warga, 5.596 Pengunjung Tercatat Sejak Awal Tahun

Pemko Banda Aceh

Pemko Banda Aceh Salurkan 199 Ton Beras dan 39 Ribu Liter Minyak Goreng untuk 9.996 KPM

Pemko Banda Aceh

Pemko Banda Aceh Luncurkan Gerakan Pangan Murah, Wali Kota Illiza: Wujud Kepedulian terhadap Stabilitas Harga

Pemko Banda Aceh

Disdukcapil dan Pengadilan Negeri Banda Aceh Gelar Sidang Keliling, Permudah Warga Urus Dokumen Kependudukan

Pemko Banda Aceh

Wali Kota Banda Aceh Jajaki Kerja Sama Kesehatan dan Pembangunan Turkish Centre dengan Pemerintah Turki

Pemko Banda Aceh

Baitul Mal Banda Aceh dan UNICEF Latih Aparatur Gampong Perkuat Pengawasan Perwalian Anak Yatim