Pemerintah Pusat Diminta Tak Hambat Investasi Pabrik Semen di Aceh Selatan - NOA.co.id
   

Home / Ekbis

Sabtu, 8 Juni 2024 - 13:48 WIB

Pemerintah Pusat Diminta Tak Hambat Investasi Pabrik Semen di Aceh Selatan

REDAKSI

Kepala Perwakilan YARA Aceh Selatan, Suhaimi (Foto: noa.co.id)

Kepala Perwakilan YARA Aceh Selatan, Suhaimi (Foto: noa.co.id)

BANDA ACEH – Kepala Perwakilan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Selatan, Suhaimi, meminta Pemerintah Pusat tidak mempersulit investasi di Aceh Selatan yaitu pembangunan pabrik kapasitas produksi 6 juta ton semen per tahunnya, dengan investasi Rp 10 triliun lebih dan estimasi 4 tahun lebih masa kontruksinya serta diperkirakan di 2028 pembangunannya baru akan berproduksi secara pungsional.

“Pembangunan pabrik semen di Aceh Selatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang kemiskinan ekstremnya sebesar 0,88 persen pada 2023 dan jumlah penduduk miskin ekstrem sebanyak 2.107 jiwa serta Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 4,73 persen,” kata Suhaimi, Sabtu, 8 Juni 2024.

Baca Juga :  Polisi Lhokseumawe Rutin Patroli di Pasar

Suhaimi juga meminta Kementerian Perindustrian segera memberikan ijin usaha untuk pembangunan pabrik semen di Aceh Selatan sebagai bentuk dukungan Pemerintah untuk memajukan daerah Aceh, khususnya Aceh Selatan.

Selain tingginya angka kemiskinan dan pengangguran, Kementerian Kesehatan RI telah menyatakan bahwa prevalensi balita stunting di Kabupaten Aceh Selatan mencapai 34,8 persen. Sedangkan berdasarkan data pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat periode Mei 2023, ada dua kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan dengan angka prevalensi stunting tertinggi.

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Gelar Zikir Bersama Ulama dan Santri

“Kami sangat mendukung pembangunan pabrik semen di Aceh Selatan, apalagi pabrik yang akan dibangun tersebut berkapasitas 6 juta ton per tahunnya, dengan nilai investasi 10 triliun. Ini merupakan investasi yang besar bagi Aceh Selatan karena diperkirakan dapat menyerap seribu orang tenaga kerja. Investasi ini tentu akan menekan angka tingkat pengangguran terbuka yang mencapai 4,73 persen menurut data statistik tahun 2023”, kata Suhaimi.

Adapun kedua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kluet Utara sebesar 41,6 persen dan Kecamatan Samadua sebesar 32,2 persen. Angka stunting ini terkait dengan angka kemisknan dan pengannguran, untuk mengeleminir angka-angka tersebut sangat dibutuhkan peningkatan pendapatan masrayarakat yang salah satunya dengan hadirnya investasi di Aceh Selatan.

Baca Juga :  Sosialisasikan Sukuk Saving Gold Program, BSI Aceh Gelar Priority Gathering

“Kementerian Perindustrian kami minta agar segera memberikan ijin usaha untuk pembangunan pabrik semen di Aceh Selatan, karena dengan adanya dukungan terhadap pendirian pabrik semen itu bentuk dukungan Pemerintah kepada masyarakat Aceh Selatan dalam melawan angka stunting yang mencapai 34,8 persen,” kata Suhaimi.

Penulis: Hidayat S

Editor: Amiruddin MK

Share :

Baca Juga

Ekbis

Penguatan Ekonomi Masyarakat Aceh Lewat Desa BSI

Ekbis

Ramadhan Berkah, Kodim 0102/Pidie Kembali Bagi-bagi Takjil

Ekbis

BSI Fasilitasi Pembiayaan Komersial Skema Distributor Financing

Ekbis

Perbankan Syariah: Tantangan dan Harapan untuk Masa Depan Berkelanjutan

Ekbis

Menkeu Sri Mulyani Diminta Evaluasi Dirjen Bea Cukai

Ekbis

Sumatera Barat Juara Ekonomi Syariah 2024 Kategori Industri Halal

Ekbis

BSI Berkomitmen Jadi Sahabat Spiritual, Pelatihan Digital Marketing Bagi Masjid Di Aceh

Daerah

Aceh Juara Umum Racing Agen BSI Smart Tahun 2023