Home / Aceh Barat / Pemerintah

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:29 WIB

Pj. Bupati Aceh Barat Bersama Unsur Forkopimda dan SKPK Melepas Peserta Napak Tilas yang Mengulik Perjalanan Heroik Sang Pahlawan

REDAKSI

Meulaboh – Dalam rangka memperingati 125 tahun syahidnya Teuku Umar Johan, Pj Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, bersama dengan unsur Forkopimda dan para kepala SKPK melepas peserta napak tilas yang mengulik perjalanan heroik sang pahlawan.

 

Napak tilas ini tidak hanya sekadar perjalanan fisik, namun juga sebuah penghormatan dan kajian ulang terhadap perjuangan Teuku Umar yang memerdekakan bangsa Indonesia.

Mahdi mengatakan, Peserta napak tilas dipandu menyusuri jejak Teuku Umar sepanjang kurang lebih 58 kilometer, memulai dari Bate Puteh hingga Mugo, tempat disemayamkan pahlawan besar itu.

Baca Juga :  Pemkab Aceh Besar Gelar Pasar Murah Untuk Warga Pulo Aceh 

“Dalam perjalanan ini, peserta diajak untuk merenungkan dan memahami nilai-nilai kepahlawanan yang ditanamkan Teuku Umar kepada kaula muda, serta bagaimana perjuangannya memberikan inspirasi bagi generasi-generasi selanjutnya,” ujar Mahdi

“Melalui napak tilas ini, kami ingin menggugah semangat nasionalisme dan jiwa kepahlawanan yang terkandung dalam perjalanan Teuku Umar. Semoga peringatan ini dapat menjadi momentum refleksi bagi kita semua untuk terus menghargai dan meneruskan perjuangan beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa,” ujar mahdi menambahkan.

Baca Juga :  PJ Bunda Paud Aceh Barat Kukuhkan Pokja dan Bunda Paud Sekecamatan Johan Pahlawan

Dikatakannya, Teuku Umar dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang gigih memerangi penjajah Belanda dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kehadirannya tidak hanya meninggalkan jejak fisik berupa peperangan, tetapi juga nilai-nilai keberanian, keteguhan, dan semangat juang yang menjadi teladan bagi seluruh rakyat Indonesia, terangnya.

Baca Juga :  Jelang Idul Adha, Pemkab Aceh Barat Gelar Gerakan Pangan Murah di Kuta Padang

Peringatan 125 tahun syahidnya Teuku Umar Johan menjadi momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk tidak melupakan jasa-jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Melalui napak tilas ini, semangat kepahlawanan Teuku Umar terus diabadikan dan diwariskan kepada generasi-generasi masa depan, sebagai pijakan untuk terus membangun Indonesia yang lebih baik, pungkasnya. **

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Urus Perizinan di DPMPTSP Aceh Barat Makin Mudah dengan SiLOPer

Aceh Barat

Dayah Inti Darul Aitami Gelar Wisuda Ankatan ke – III, Ini Pesan Pj. Bupati Aceh Barat

Pemerintah

Pemkab Aceh Besar Bersama Siswa SDN 1 Tanam Pohon di Lingkungan Sekolah

Pemerintah

PUSDA dan FPA Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW dan Santunan Anak Yatim

Pemerintah

APAM : Tolak Wacana DPRA Skema Pembagian Doka 80:20 Persen Rugikan Rakyat dan Kabupaten/Kota

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Gelar Pangan Murah Serentak Nasional di Darul Kamal

Aceh Barat

Peringati HUT KORPRI dan HKN, IKAPTK Aceh Barat Gelar Bakti Donor Darah

Aceh Barat

DP3AKB Aceh Barat Teken MoU Percepatan Penurunan Stunting