Home / Aceh Barat / Pemerintah

Kamis, 2 November 2023 - 22:11 WIB

Pj Bupati Aceh Barat Lantik 31 Keuchik Hasil Pilchiksungtak

REDAKSI - Penulis Berita

Meulaboh – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi melantik dan mengambil sumpah jabatan 31 Kepala Desa (Keuchik ) hasil Pemilihan Keuchik Langsung Serentak (Pilchiksungtak) atau Pilkades Serentak Tahap II Masa Jabatan 2023 – 2029. Acara pelantikan secara rentak itu dipusatkan di Gampong (desa) Meugo Komplek Makam Pahlawan Teuku Umar, Kamis (02/11/2023).

Dalam sambutan singkatnya, Mahdi mengucapkan selamat kepada 31 leuchik terpilih yang baru saja dilantik. “Ini adalah momen yang penuh makna, menandai langkah besar kita dalam membangun dan mengembangkan wilayah Desa di Kabupaten Aceh Barat. Semoga momentum pelantikan ini menjadi motivasi untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab. Membawa perubahan positif dalam memperkuat tata kelola pemerintahan desa yang baik, serta kehidupan bermasyarakat yang agamis, kondusif dan berbudaya,” kata Mahdi.

Baca Juga :  Presiden Jokowi akhiri kunjungan kerja di Aceh

Secara lebih khusus Pj Bupati Aceh Barat itu menambahkan, pelantikan yang sengaja dipusatkan di Komplek Makam Pahlwan Nasional Teuku Umar itu juga bagian dari memunculkan spirit kepahlawanan yang tak kenal lelah dan menyerah serta tanpa pamrih dalam melayani segala kebutuhan masyarakat. “Spirit inilah yang perlu terus kita pupuk secara berkelanjutan, dalam upaya memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat di gampong, konon lagi ekspektasi masyarakat makin besar kepada para pemimpinnya,” kata Pj Bupati Mahdi.

Ditambahkan, menjadi pemimpin masyarakat itu harus bisa berdiri di atas semua kepentingan masyarakat. “Turun ke lapangan, buat program yang tepat sasaran, dan bisa bersinergi dengan progam visi Kabupaten Aceh Barat,” ucap dia.

Baca Juga :  Hadir Pelantikan: Bupati Buka Kegiatan DPD BKPRMI Aceh Selatan

Mahdi mengungkapkan, ia sengaja melaksanakan prosesi pelantikan ini di makam Pahlawan Teuku Umar Sebagai momentum untuk mendapatkan semangat juang Teuku Umar juga sebagai akselerasi kebangkitan motivasi dan melanjutkan semangat perjuangan dalam melaksanakan tugas serta amanah yang dipercayakan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Sebagai seorang pemimpin di tingkat desa kata Mahdi, Keuchik dituntut untuk selalu siap menjalankan semua program yang dipercayakan sesuai amanah masyarakat dan mendengarkan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat.

Ia menekankan kepada semua Keuchik yang baru saja dilantik agar dapat menyikapi berbagai permasalahan secara arif dan bijaksana yang terjadi di desa masing-masing, sekaligus mengedepankan transparansi dalam proses pengelolaan dana desa.

Baca Juga :  Aceh Besar Operasikan Mobil Perizinan Keliling Gratis dan Berhadiah Doorprize

Ia juga mendorong para Keuchik untuk berinovasi melahirkan program pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada, seperti sektor pertanian, perkebunan dan perikanan, hal ini menurutnya akan berdampak positif bagi peningkatan ekonomi dan pendapatan keluarga serta menjadi langkah kongkret dalam penanggulangan kemiskinan ekstrim, penanganan stunting, pemantapan nilai-nilai syariat Islam, menjaga keamanan dan kondusifitas, ujarnya

Tak lupa, orang nomor satu di Kabupaten Aceh Barat ini juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran dari TNI-Polri, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) sehingga pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 ini bisa berjalan lancar dan kondusif, sukses dan tanpa ekses. **

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Pj Bupati Aceh Barat Buka Forum Konsultasi Publik RPJPD

Aceh Barat

Pj Bupati Drs. Mahdi Efendi Laksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Baitul Makmur, Ini Pesannya

Banda Aceh

PLN Tandatangani Suplai Listrik 49.700.000 VA Dengan Sejumlah Perusahaan di Aceh

Aceh Barat

Pj. Bupati Aceh Barat Buka Kejuaraan Open Grasstrack dan Motocross Sada Teuku Umar Tahun 2023

Aceh Besar

Aceh Besar Operasikan Mobil Perizinan Keliling Gratis dan Berhadiah Doorprize

Aceh Barat

Lestarikan Deflasi, Pj Bupati Aceh Barat Raih SMSI Aceh Award

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Peringati HUT ke – 433 Meulaboh

Aceh Besar

Pj Bupati Iswanto Sebut Aceh Besar Siap Kucurkan Dana Desa 2024, Empat Gampong telah Tuntaskan Dokumen APBG 2024