Home / Nagan Raya / Pemerintah

Senin, 5 Februari 2024 - 12:10 WIB

Guna Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Nagan Raya Bagikan Alsintan ke Petani

REDAKSI - Penulis Berita

Nagan Raya – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si menyerahkan bantuan 3 unit Mesin Combine Harvester Besar kepada kelompok tani di Pabrik Padi LPM Gampong Puloe Ie, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya.

Mesin pertanian itu merupakan bantuan APBN melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) tahun anggaran 2023.

Pj. Bupati Fitriany Farhas menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementan RI atas bantuan Mesin Combine Harvester Besar yang diberikan kepada kelompok tani di Kabupaten Nagan Raya.

Baca Juga :  Sekda Aceh Selatan Lepas Kontingen Jambore ke Cibubur

Penyerahan bantuan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu meningkatkan produksi padi dan meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Nagan Raya.

“Bantuan yang kami serahkan pada Kamis lalu, merupakan hasil usulan Pemkab Nagan Raya kepada Kementan RI. Mesin Combine Harvester ini sangat bermanfaat bagi para petani karena dapat membantu mempercepat proses panen padi dan mengurangi biaya produksi,” kata Pj. Bupati Fitriany, Minggu (4/2/2024).

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri, Ditjen PSP Kementan RI Bersama Pj Bupati Aceh Besar Monitor Ketersediaan dan Harga Pangan di Aceh Besar

Pj. Bupati Fitriany juga mengimbau kepada para kelompok tani penerima bantuan untuk memanfaatkan Mesin Combine Harvester dengan sebaik-baiknya dan merawatnya dengan benar agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, drh. Safridhal menjelaskan bahwa bantuan Mesin Combine Harvester Besar ini diberikan kepada 3 kelompok tani di wilayah Kabupaten Nagan Raya.

“Kelompok tani yang menerima bantuan ini yaitu Kelompok Tani Nek Basoh dan Kelompok Tani Ingin Sepakat, Kecamatan Beutong, serta Kelompok Tani Mangat Beusare Kecamatan Seunagan Timur,” jelas Safridhal.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Besar Tinjau Rumah Produksi dan Lahan Tembakau Rokok Hawa Makmu Beurata di Lambeugak

Untuk diketahui, mesin combine harvester adalah mesin pertanian yang digunakan untuk memanen padi. Mesin ini menggabungkan beberapa fungsi sekaligus, yaitu: memotong, merontokkan, membersihkan serta menyimpan gabah dalam tangki penyimpanan mesin.

Mesin combine harvester dapat menghemat waktu dan tenaga kerja dibandingkan dengan cara panen tradisional. Mesin ini juga dapat meningkatkan hasil panen karena dapat meminimalkan kehilangan gabah. **

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Raih Kinerja Terbaik, Aceh Barat Kembali Diguyur Dana Insentif Fiskal Periode ke-2 Tahun 2023

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Deklarasi Kecamatan ODF di Lhoknga

Hukrim

Diduga Korupsi Dana Desa, Polisi Tahan Keuchik Blang Lango

Aceh Besar

Pj Bupati Muhammad Iswanto Ingatkan Dinas Terkait Hingga Camat Serius Tangani Stunting 

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Apresiasi Orang Tua Murid yang Ikut Antarkan Anaknya di Hari Pertama Sekolah

Pemerintah

Pidie Seleksi Peserta MTQ Aceh XXXVI di Simeulue

Nagan Raya

RSUD SIM Nagan Raya Berhasil Raih Predikat ‘Paripurna Bintang Lima’

Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Gelar Desiminasi Audit Kasus Stunting