Home / Aceh Barat / Daerah

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:16 WIB

Kabupaten Aceh Barat Dipilih Sebagai Pilot Project Pengembangan Model Inovasi Penanggulangan Kemiskinan

REDAKSI

Meulaboh – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dipilih sebagai salah satu dari empat kabupaten sebagai pilot project untuk pengembangan model inovasi penanggulangan kemiskinan.

Program ini bertujuan untuk menguatkan kelembagaan dan sumber daya tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD).

“Program ini akan menjadi upaya nyata dalam menghasilkan langkah percepatan penanggulangan kemiskinan yang efektif dan inovatif, ucap Sekretaris Daerah, Marhaban, SE M.Si yang mewakili pj Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi saat pembukaan Workshop forum multistakeholder mendorong inivasi satu data kemiskinan di aceh barat pada Selasa, 20 Februari 2024,” Sebut Marhaban.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Barat Inspektur Upacara Hari Santti

Saat ini pemerintah Kabupaten Aceh Barat berkomitmen untuk melakukan inovasi dan langkah konkret dalam penanggulangan kemiskinan daerah.

 

“Salah satunya adalah dengan menerbitkan Peraturan Bupati Aceh Barat Nomor 6 tahun 2023 yang menegaskan komitmen pemerintah untuk melaksanakan penanggulangan kemiskinan melalui lima strategi utama,” ujarnya.

Sehingga Pada tanggal 2 Oktober 2023, kata Marhaban, Kabupaten Aceh Barat berhasil mendapatkan penghargaan dana insentif fiskal kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat tahun 2023 dari Kementerian Keuangan.

Baca Juga :  Petani di Sabang Tidak Dapat Alokasi Pupuk Subsidi, Ombudsman Turun Tangan

Dikatakan nya, Penghargaan ini sekaligus menjadi bukti keberhasilan pemerintah dalam kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem.

Tak hanya itu, Kabupaten Aceh Barat juga menerima penghargaan dana insentif fiskal lainnya, sehingga menjadikannya kabupaten Aceh barat satu-satunya di Provinsi Aceh yang menerima dana insentif fiskal tiga kali berturut-turut pada tahun 2023,

Lebih lanjut marhaban menyampaikan bahwa Penanggulangan kemiskinan perlu didukung dengan basis data yang mutakhir dan terintegrasi guna meningkatkan akurasi penentuan target dan validitas data sasaran. Hadirnya inovasi satu data kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk mendukung berbagai langkah dan upaya penanggulangan kemiskinan, terangnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Lantik Direktur Bisnis dan Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh

Melalui pertemuan ini, diharapkan dapat menjadi momentum yang tepat bagi semua pihak untuk menyamakan persepsi, memetakan hambatan, mendapatkan dukungan, dan menyepakati rencana tindak lanjut dalam perumusan inovasi satu data kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat, pungkasnya. []

Share :

Baca Juga

Daerah

BSI Salurkan Bantuan Rp600 Juta Untuk Korban Banjir 6 Kabupaten di Provinsi Aceh

Aceh Barat

Pj. Bupati Aceh Barat Buka Kejuaraan Open Grasstrack dan Motocross Sada Teuku Umar Tahun 2023

Aceh Barat

Kafilah Aceh Barat Kecewa di Fahmil Quran

Aceh Barat

Musrembang RKPA, Pj Bupati Aceh Barat : Kegiatan Ini Penting Untuk Akselerasi dan Sinkronisasi Kabupaten Kota

Aceh Barat

Dinkes Aceh Besar Luncurkan RME di Puskesmas Darul Kamal

Daerah

Kapolda Aceh Terima Audiensi GM Wilayah Telkom Aceh

Daerah

Wakapolda Aceh Hadiri Peluncuran Computer Security Incident Response Team

Aceh Barat

Gelar Teknologi Tepat Guna ke-24 Provinsi Aceh Berakhir, Pj Bupati Apresiasi Dukungan Semua Pihak