Home / Aceh Barat

Selasa, 2 Agustus 2022 - 07:58 WIB

MPU Aceh Barat Gelar Pendidikan Kader Ulama ke – X

REDAKSI - Penulis Berita

NOA I Aceh Barat – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat menggelar kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) angkatan ke-X (10) tahun 2022 yang di buka langsung oleh Bupati Aceh Barat diwakili Plt. Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat, Drs. Said Fauzi, M.Si., di Aula Sekretariat MPU, Senin (1/8/2022).

Kegiatan PKU ke-X ini, rencananya akan berlangsung selama 12 hari dan di ikuti sebanyak 80 peserta yang terdiri dari Unsur Dayah dan Perguruan Tinggi di 12 Kecamatan se Kabupaten Aceh Barat, yang tergabung ke dalam dua (2) angkatan, yakni angkatan ke-I untuk putri dilaksanakan mulai tanggal 01 s/d 06 Agustus 2022 dan angkatan ke-II untuk putra mulai tanggal 08 s/d 13 Agustus 2022.

Baca Juga :  Bupati H. Ramli MS Pimpin Upacara HUT Meulaboh Ke 433 Tahun

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, Said Fauzi, menyampaikan pihaknya menyambut baik kegiatan PKU yang digelar oleh MPU Aceh Barat.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan peran ulama sebagai juru terdepan dalam pengembangan dan penegakan syariat islam di daerah khususnya di Kabupaten Aceh Barat ujarnya.

“Aceh yang dijuluki sebagai Serambi Mekkah, memiliki jiwa dan pemahaman yang kental akan nuansa islami dan ilmu tauhid tassawuf, sehingga kita harus mampu untuk menegakkan syariat islam secara kaffah dalam bingkai ahlussunnah waljamaah dalam segala lini kehidupan,” tutur Fauzi.

Baca Juga :  Kadis Syariat Islam Aceh Harap 190 Da”i dan Da”iyah Dapat Ciptakan Kader

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan pengkaderan ulama secara berkesinambungan melalui pembinaan dan pendidikan yang sesuai dengan ajaran islam dan Ideologi Bangsa.

Ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi wadah dalam memperkuat peran ulama di Aceh Barat, sekaligus melahirkan tokoh-tokoh ulama dalam berbagai tingkatan.

Disamping itu, pengkaderan ulama juga di harapkan dapat mendukung dan memperkuat program-program Pemerintah, terutama dalam hal penegakan syariat islam dan kegiatan syiar islam guna mewujudkan misi pertama Kabupaten Aceh Barat di bawah kepemimpinan H. Ramli MS, yaitu mengembalikan Kabupaten Aceh Barat yang syar’i dan mewujudkan Pemerintahan yang bersih.

Baca Juga :  Terima Kunjungan Political Officer Kedubes AS, Ketua DPRA : Ada 2 Tantangan Usai Damai

Sementara itu, Ketua MPU Aceh Barat, Tgk. H. Mahdi Kari Usman, S. Pd.I., menyampaikan kegiatan PKU ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya dan peran ulama dalam pelaksanaan syariat islam yang berwawasan kebangsaan di Kabupaten Aceh Barat.

“Peserta nanti akan mendapatkan pelatihan dan pendidikan berkaitan dengan agama maupun Kebangsaan sehingga mereka siap untuk menghadapi masyarakat di masa yang akan datang yang semakin banyak tantangan dan permasalahan seiring dengan perkembangan zaman di era modern saat ini,” imbuhnya.

Ia berharap, melalui kegiatan PKU ini, bisa lahir ulama-ulama yang istiqomah dalam menegakkan Syari’at Islam secara Kaffah di Bumi Teuku Umar.

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Terkait Amoral Oknum Kepala Desa, Mirsal S.Sos M.SP Sebut Sudah Menurunkan Tim

Aceh Barat

Diskop UKM Aceh Latih 30 Peserta Penjahit di Kota Meulaboh

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Berhasil Tekan Laju Inflasi Dibawah Inflasi Nasional

Aceh Barat

ASN Aceh Barat Diresahkan Akun Palsu Fb Atasnamakan Pj Bupati Aceh Barat

Aceh Barat

Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat Buka Bimtek SPP-TIK

Aceh Barat

Gelar Diskusi, Kadisnak Aceh Bersama Ipelmabar Bahas Pengembangan Peternakan untuk Peningkatan Ekonomi 

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Peringati HUT ke – 433 Meulaboh

Aceh Barat

Diikuti 300 Siswa, Bupati Aceh Barat Buka Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila