Pj Bupati Aceh Barat Menang di PTUN Banda Aceh - NOA.co.id
   

Home / Aceh Barat / Daerah

Sabtu, 22 Juni 2024 - 10:09 WIB

Pj Bupati Aceh Barat Menang di PTUN Banda Aceh

REDAKSI

Kuasa hukum Pj Bupati Aceh Barat, Said Atah, SH., MH. (Foto: noa.co.id/FA)

Kuasa hukum Pj Bupati Aceh Barat, Said Atah, SH., MH. (Foto: noa.co.id/FA)

Banda Aceh – Setelah melalui proses persidangan yang berlangsung sejak Februari 2024, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh akhirnya mengeluarkan putusan terkait gugatan yang diajukan oleh PT Gading Bhakti terhadap Pj. Bupati Aceh Barat.

Gugatan tersebut menyangkut Surat Permohonan Penetapan Tanah Terlantar dalam HGU, dengan nomor perkara 3/G/2024/PTUN.BNA.

Majelis Hakim PTUN Banda Aceh, yang terdiri dari Hakim Ketua Edi Septa Surhaza, SH., MH., dan anggota Rizki Ananda, SH., MH., serta Adillah Rahman, SH., MH., memutuskan untuk menolak gugatan PT Gading Bhakti. Putusan ini dibacakan dalam sidang elektronik (e-court) pada Jumat, (21/06/2024).

Baca Juga :  Pemkab Aceh Barat Gelar Apel Gabungan

Kuasa hukum Pj. Bupati Aceh Barat, Said Atah, SH., MH., dari Kantor Advokat SATA Lawyers, membenarkan putusan tersebut.

“Benar, PTUN telah memutuskan untuk memenangkan Pj. Bupati Aceh Barat. Majelis Hakim menerima eksepsi kami dan menyatakan gugatan PT Gading Bhakti tidak dapat diterima, serta menghukum PT Gading Bhakti untuk membayar biaya perkara,” ujar Said Atah.

Said Atah juga menyampaikan apresiasinya terhadap putusan Majelis Hakim PTUN Banda Aceh. Menurutnya, putusan tersebut sangat sesuai dengan fakta hukum dan rasa keadilan.

Baca Juga :  Nelayan Aceh Singkil Berharap Situasi Stabil Pasca Idul Adha 1445 H

“Ini menunjukkan bahwa kebijakan Pj. Bupati Aceh Barat dalam mengeluarkan Surat Permohonan Rekomendasi Penetapan Tanah Terlantar dalam HGU PT Gading Bhakti sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku serta demi kepentingan masyarakat luas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Said Atah menjelaskan, proses penetapan tanah terlantar dalam HGU akan terus dilanjutkan sesuai prosedur yang berlaku.

“Surat Permohonan Rekomendasi dari Pj. Bupati Aceh Barat telah dibalas oleh Kementerian ATR/BPN, yang meminta agar pelaksanaannya dilakukan melalui Kanwil BPN Aceh dan Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Barat,” jelas Said Atah.

Baca Juga :  Bank Aceh Gelar Gathering Bersama Nasabah

Sebelumnya, PT Gading Bhakti mengajukan gugatan ke PTUN Banda Aceh pada 25 Januari 2024, merasa keberatan atas Surat Permohonan Rekomendasi Penetapan Tanah Terlantar dalam HGU yang dikeluarkan Pj. Bupati Aceh Barat.

Lokasi tanah tersebut berada di Gampong Paya Luah, Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat. Namun, dalam persidangan, Pj. Bupati Aceh Barat melalui Tim Kuasa Hukumnya mengajukan keberatan dan bantahan terhadap gugatan tersebut, yang akhirnya diterima oleh PTUN Banda Aceh.

Editor: Amiruddin MK

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Serahkan KUA-PPAS Tahun 2022

Aceh Besar

BPBD Salurkan 17 Liter Air Bersih ke 5 Gampong di Lhoknga Aceh Besar 

Daerah

Momen Idul Adha, DPD PKS Pidie Sembelih 15 Ekor Hewan Kurban

Aceh Barat

Jelang Idul Adha, Pj Bupati Aceh Barat Pantau Harga Sembako dan Tinjau Hewan Qurban

Aceh Besar

Cair, Gaji ke-13 dan Tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai ASN Aceh Besar

Daerah

Pengendalian Inflasi Daerah, Disperdagkop & UKM Pidie Gelar “Pasar Murah Harga Pantas”  

Daerah

H Mukhlis Takabeya Umrahkan Irna & Puja, Pemenang Hadiah Umrah HUT Golkar

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Kebakaran

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!