Simeulue – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Simeulue, M. Irdiansah, menyampaikan apresiasi kepada jajaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simeulue atas dukungan dan pelayanan optimal kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), khususnya dalam pemanfaatan sistem antrean online melalui aplikasi “Mobile JKN” Rabu (2/7/2025).
Menurut Irdiansah, kehadiran layanan antrean digital itu mempermudah peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan tanpa harus datang lebih awal ke rumah sakit hanya untuk mengambil nomor antrean. Masyarakat kini cukup menggunakan ponsel untuk mendaftar layanan rawat jalan.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran RSUD Simeulue yang telah berkomitmen dalam memberikan kemudahan kepada peserta JKN Harapannya, masyarakat dapat mulai beralih secara bertahap dari antrean manual ke antrean online melalui aplikasi Mobile JKN,” ujar Irdiansah saat kegiatan sosialisasi di RSUD Simeulue.
Ia juga mengajak seluruh pasien, keluarga pasien, dan masyarakat luas untuk mendukung transformasi digital layanan kesehatan ini. “Mohon doa dan dukungannya agar pelayanan Program JKN terus membaik dan memberikan manfaat nyata, khususnya di Kabupaten Simeulue,” tambahnya.
Dalam kesempatan yang sama, turut hadir mewakili pimpinan RSUD Simeulue, Inayatul Husna, yang menyampaikan salam dari Direktur RSUD Simeulue, dr. Effie Masyitha Siregar. Ia menyatakan komitmen penuh rumah sakit untuk terus mendukung dan menjalankan program ini secara berkelanjutan.
“Kami dari RSUD Simeulue sangat mendukung inisiatif ini. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi semua pihak, pelayanan kepada pasien akan semakin cepat, mudah, dan efisien,” ujar Inayatul.
Melalui sosialisasi ini, pihak rumah sakit berharap masyarakat semakin terbiasa menggunakan layanan digital. Dengan begitu, pasien maupun keluarga tidak perlu datang pagi-pagi ke rumah sakit hanya untuk mengambil nomor antrean.
Solusi Digital untuk Pelayanan yang Lebih Baik
Program antrean online melalui Mobile JKN merupakan bagian dari upaya digitalisasi layanan kesehatan oleh BPJS Kesehatan yang ditujukan untuk memangkas waktu tunggu pasien dan meningkatkan kenyamanan selama proses berobat. Aplikasi ini memungkinkan peserta JKN memilih poli, jadwal, dan rumah sakit tujuan secara mandiri melalui ponsel pintar.
Dengan telah dilaksanakan sosialisasi diharapkan dapat memperluas pemahaman masyarakat tentang manfaat aplikasi Mobile JKN, sekaligus mempercepat transformasi digital di bidang layanan kesehatan, khususnya di wilayah terpencil seperti Simeulue.
Editor: Redaksi