Home / Daerah / Pendidikan

Senin, 5 Februari 2024 - 11:05 WIB

Disdik Aceh Gelar Try Out Generasi Gemilang Bagi 33 Ribu Siswa se – Aceh

REDAKSI - Penulis Berita

Kepala Bidang GTK, Muksalmina SP.d., M.Si

Kepala Bidang GTK, Muksalmina SP.d., M.Si

Banda Aceh – Tidak kurang dari 33 ribu siswa kelas XII SMA/SMK se-Aceh mengikuti Try Out Generasi Gemilang. Sebanyak 23 kabupaten/kota berpartisipasi dalam kegiatan ini. Try Out Generasi Gemilang ini merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dengan Bimbingan Belajar Fajar Harapan Nusantara Banda Aceh untuk persiapan SNBT serta Al Fatih Art Langsa untuk persiapan Sekolah Kedinasan.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Alhudri, MM melalui Kepala Bidang GTK, Muksalmina SP.d., M.Si pada awak media mengatakan, try out ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari 5 hingga 7 Februari 2024. Sementara pelaksanaannya dibagi dalam setiap rayon dengan kapasitas penyelenggara sebanyak 11 ribu user setiap hari.

Baca Juga :  Syiarkan Musywil, Muhammadiyah Bireuen Gelar Jalan Santai

Adapun pelaksanaan ujian disusun dalam tiga sesi per hari dimana setiap kabupaten kota memiliki jadwal pada sesi tertentu. Dari sini disimpulkan, jumlah peserta yang besar menunjukkan gairah siswa di Aceh sangat antusias untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri.

“Meski bekerjasama dengan dua bimbel, pelaksanaan try out sendiri tidak mengutip biaya sepeserpun dari siswa. Kami melihat bahwa siswa perlu diasistensi sejak awal, terkait minat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan sekolah kedinasan,” kata Muksalmina, Senin, 5 Januari 2024.

Baca Juga :  Warga Pango Raya Temukan Mortir Aktif Saat Membersihkan Kebun, Unit Jibom Sat Brimob Polda Aceh Lakukan Evakuasi

Sebab, kata Muksal, para siswa harus diberikan pengetahuan terhadap pilihan yang akan diambil apalagi tidak semua orang beruntung melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), sebagian besar justru harus berjuang melalui jalur SNBT.

“Dinas Pendidikan hadir membantu siswa menentukan pilihan untuk kemudian diikhtiarkan melalui belajar yang lebih intensif,” imbuhnya.

Lebih lanjut Muksalmina menuturkan, try out dilaksanakan menggunakan aplikasi karya guru inti Aceh yang sebelumnya sudah dibekali dengan simulasi. Jawaban siswa nantinya akan masuk ke email masing-masing siswa sehingga siswa dapat mengonfirmasi jawaban untuk memperoleh pembahasan pada guru di sekolah, kemudian akan dijadwalkan kembali beberapa try out lanjutan untuk menguatkan pengetahuan siswa.

Baca Juga :  Kadisdik: "Kami Faham tidak Mudah, Tapi Kita Akan Berupaya Bersama-Sama"

Sementara itu Martunis, Direktur Bimbel Fajar Harapan Nusantara menyampaikan bahwa dalam menyelenggarakan try out, siswa yang berprestasi akan mendapatkan bimbingan gratis dari lembaganya.

“Siswa yang memperoleh rangking 1 sampai 3 setiap kabupaten / kota akan diberikan bimbingan belajar gratis di Fajar Harapan Nusantara, Sementara rangking 6 – 10 akan memperoleh hadiah menarik lainnya,” katanya. []

Share :

Baca Juga

Aceh Besar

Kemenparekraf Ajak Aceh Besar Pamerkan Produk UMKM di Hotel Borobudur

Pemerintah Aceh

Bunda PAUD Aceh Ajak Tingkatkan Literasi Melalui Karya Buku

Daerah

BAS Berharap Wahyudi Adisiswanto Tetap Sebagai Pj Bupati Pidie

Daerah

BSI: Data & Dana Aman, Nasabah dapat Bertransaksi secara Aman

Aceh Besar

Bappeda Aceh Besar Verifikasi Usulan Prioritas DAK Fisik Tahun 2024

Daerah

Pemerintah Diminta Tanggulangi Masalah Pengangguran

Aceh Besar

Kadiskominfo Aceh Besar Himbau Masyarakat Tak Sebar Berita Hoax

Daerah

Jumat Berkah, Personel Rorena Polda Aceh Bagikan Bansos untuk Masyarakat