Kemlu RI: Pasukan perdamaian akan diterjunkan setelah ada mandat PBB - NOA.co.id
   

Home / Internasional

Selasa, 18 Juni 2024 - 17:11 WIB

Kemlu RI: Pasukan perdamaian akan diterjunkan setelah ada mandat PBB

FARID ISMULLAH

Para delegasi negara-negara dalam pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), di markas besar PBB di New York, AS, 10 November 2023. REUTERS/David Dee Delgado

Para delegasi negara-negara dalam pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), di markas besar PBB di New York, AS, 10 November 2023. REUTERS/David Dee Delgado

Jakarta –  Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI kembali menegaskan bahwa pengiriman pasukan perdamaian ke Gaza, Palestina, dapat terealisasi setelah adanya mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Selasa.

Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan Kemlu RI Rolliansyah Soemirat menyatakan bahwa PBB belum membahas isu penggelaran Peace Keeping Operations (PKO) di Gaza.

“Misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa baru akan diterjunkan setelah ada mandat PBB, melalui Resolusi DK PBB. Sejauh ini PBB belum membahas isu penggelaran PKO di Gaza,” Kata Rolliansyah dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita NOA.co.id, Selasa 18 Juni 2024.

Menurutnya, prioritas saat ini berdasarkan Resolusi 2735 DK PBB adalah mengupayakan terciptanya perdamaian melalui gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas Palestina.

Baca Juga :  Diduga langar izin tinggal, Tim gabungan amankan warga Bangladesh 

“Pengiriman misi PBB, baik terkait jumlah, komposisi, jenis keahlian, pada saatnya nanti, selalu di sesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” Ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi juga telah menegaskan bahwa pengiriman pasukan penjaga perdamaian ke Gaza, Palestina tentunya harus di bawah mandat PBB.

“Tapi sekali lagi teman-teman untuk pengiriman PKO ya harus dilihat kalimat Bapak Prabowo, Presiden terpilih bahwa Indonesia siap untuk mengirimkan pasukan perdamaian di bawah mandat itu, jangan dihilangkan kalimat di bawah mandat PBB,” ucapnya, saat ditanyai awak media, pada Rabu (5/6/2024).

Baca Juga :  Turis Israel Ditipu Tukang Ojek di Thailand

Menlu Retno menjelaskan bahwa rencana pengiriman pasukan penjaga perdamaian ke Gaza, Palestina saat ini sedang dikoordinasikan.

“Semua sekarang sedang dikoordinasikan, jadi kan kita melalui sebuah koordinasi,” Kata Menlu.

Seperti diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan kesiapan Indonesia mengirimkan pasukan penjaga perdamaian ke Gaza untuk menjaga dan memantau gencatan senjata antara Palestina dengan Israel.

Kesiapan tersebut dinyatakan Prabowo pada forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 yang berlangsung di Singapura, Sabtu (1/6).

Menurut Prabowo, berkontribusi dalam menciptakan perdamaian dunia menjadi salah satu misi Indonesia di panggung internasional, termasuk melalui pendekatan dialog inklusif dan kerja sama konkret.

Baca Juga :  Indonesia Tidak ada rencana untuk membuka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Terkait konflik Gaza, Prabowo meyakini seluruh negara di bawah naungan PBB harus berkolaborasi untuk mencari jalan keluar dalam menciptakan perdamaian.

Dengan kolaborasi dari seluruh pihak, kata Prabowo, dirinya yakin akan ada jalan tanpa kekerasan yang dapat ditempuh untuk meredam konflik.

“Bersama dengan banyak negara lain di dunia saat ini, satu-satunya solusi nyata untuk perdamaian dan keamanan yang langgeng bagi Israel dan Palestina adalah solusi dua negara,” kata Presiden Terpilih RI periode 2024-2029.

Editor: Amiruddin. MK

Share :

Baca Juga

Internasional

Kemlu RI Repatriasi 32 Nelayan Lintas Batas asal Aceh

Internasional

Menlu, Hibah 10 Juta Dosis vaksin polio bukti komitmen Indonesia kepada rakyat Afghanistan

Internasional

Lampion Miniatur Borobudur Memukau di Taiwan Lantern Festival 2024, Promosikan Pariwisata Indonesia

Internasional

26 Warga Bangladesh akan dideportasi pertengahan Maret

Internasional

Kemlu: WNA Pengungsi Tak Kebal Hukum 

Internasional

Sanggar Seni dan Budaya Indonesia Tampil Memukau di Panggung Utama Hong Kong Flower Show

Internasional

Ditjen Imigrasi Imbau Masyarakat Taati Aturan Keimigrasian Agar Aman Selama di Luar Negeri

Internasional

Hizbullah Berhenti Serang Israel Bila Kesepakatan Gaza Dicapai

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!