Home / Pemko Banda Aceh

Selasa, 11 November 2025 - 10:39 WIB

Pemko Banda Aceh Siapkan Formula Terbaik Tangani Keluhan Warga Lewat Replikasi Aplikasi JAKI

mm Redaksi

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Banda Aceh, M. Nurdin, saat menghadiri Pertemuan Teknis Replikasi Aplikasi JAKI bersama Tim Jakarta Smart City di JB Tower Jakarta, Senin (10/11/2025). Foto: Dok. Diskominfo Kota Banda Aceh

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Banda Aceh, M. Nurdin, saat menghadiri Pertemuan Teknis Replikasi Aplikasi JAKI bersama Tim Jakarta Smart City di JB Tower Jakarta, Senin (10/11/2025). Foto: Dok. Diskominfo Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik, khususnya dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat. Pemko kini tengah mempersiapkan formula terbaik yang akan diadopsi melalui replikasi Aplikasi Jakarta Kini (JAKI), hasil kerja sama dengan Jakarta Smart City (JSC).

Hal ini disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Banda Aceh, M. Nurdin, saat melakukan Pertemuan Lanjutan Teknis Replikasi Aplikasi JAKI dengan Tim JSC Jakarta di JB Tower, Jakarta, yang diterima langsung oleh Ari Setiobudi, selaku Manajer Komunikasi dan Pemasaran JSC, Senin (10/11/2025).

Baca Juga :  Urus Segalanya dalam Satu Atap, MPP Banda Aceh Hadirkan 158 Layanan untuk Warga

Menurut Nurdin, aplikasi yang akan diadaptasi ini difokuskan untuk meningkatkan efektivitas respon terhadap keluhan masyarakat, baik yang disampaikan melalui media sosial, kanal pengaduan langsung, maupun saluran lainnya.

“Saat ini yang menjadi prioritas kita adalah bagaimana merespons dengan cepat dan tepat setiap keluhan masyarakat. Karena itu, kita ingin menemukan formula terbaik agar laporan warga benar-benar mendapat tindak lanjut yang memuaskan,” ujar Nurdin.

Baca Juga :  Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh Raih Status Puskesmas Ramah Anak Terstandar dari Kemen PPPA

Ia menambahkan, salah satu kendala yang selama ini dihadapi adalah masih adanya warga yang belum memperoleh umpan balik (feedback) yang memadai terhadap laporan yang mereka sampaikan.

“Dengan aplikasi ini, kita berharap pengaduan dapat dikelola secara evidence-based, artinya setiap laporan masyarakat akan memiliki bukti tindak lanjut yang dapat dipantau,” jelasnya.

Nurdin juga menjelaskan bahwa aplikasi tersebut akan memiliki sistem verifikasi yang mampu membedakan laporan valid dan tidak relevan, sehingga dinas terkait dapat memprioritaskan penanganan pengaduan yang benar-benar mendesak.

Baca Juga :  Pemko Banda Aceh Salurkan 199 Ton Beras dan 39 Ribu Liter Minyak Goreng untuk 9.996 KPM

“Semua laporan akan terdata dan terintegrasi dengan sistem layanan Pemko, agar tidak ada lagi keluhan masyarakat yang terabaikan,” pungkasnya.

Pertemuan teknis ini turut dihadiri oleh Plt Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh serta Tim E-Government Pemko Banda Aceh, yang secara langsung berdiskusi dengan Tim JSC mengenai proses adaptasi teknologi, keamanan data, dan strategi implementasi aplikasi di Banda Aceh.

Editor: Amiruddin. MKReporter: Redaksi

Share :

Baca Juga

Pemko Banda Aceh

Plt Kepala DPMPTSP Banda Aceh Tegaskan Disiplin dan Larangan Percaloan dalam Pelayanan Publik

Ekbis

Wakil Wali Kota Afdhal Khalilullah Buka Pelatihan Manajemen Usaha untuk Perempuan di Banda Aceh

Pemko Banda Aceh

Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh Raih Status Puskesmas Ramah Anak Terstandar dari Kemen PPPA

Pemko Banda Aceh

Antusiasme Warga Meuraxa Ramaikan Pasar Murah Pemko Banda Aceh, Wali Kota Illiza: Bukti Program Ini Sangat Dibutuhkan

Pemko Banda Aceh

Dinas Perpustakaan Banda Aceh Umumkan Pemenang Lomba Video Literasi 2025, Dorong Kreativitas Generasi Muda

Ekbis

Wali Kota Illiza Terima Audiensi Pimpinan BUMN Area Aceh, Bahas Sinergi untuk Pembangunan Banda Aceh

Ekbis

Wakil Wali Kota Afdhal Khalilullah Buka Pelatihan Peningkatan SDM Pengurus Koperasi Desa Merah Putih di Banda Aceh

Pemko Banda Aceh

Pemko Banda Aceh Luncurkan Gerakan Pangan Murah, Wali Kota Illiza: Wujud Kepedulian terhadap Stabilitas Harga