Petugas Haji Asal Aceh Meninggal Dunia di Mekkah - NOA.co.id
   

Home / Internasional

Selasa, 18 Juni 2024 - 08:37 WIB

Petugas Haji Asal Aceh Meninggal Dunia di Mekkah

REDAKSI

Mendiang saat menyampaikan khutbah Arafah, Sabtu, 15 Juni lalu. (Foto: noa.co.id)

Mendiang saat menyampaikan khutbah Arafah, Sabtu, 15 Juni lalu. (Foto: noa.co.id)

Riyadh – Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, mengatakan seorang petugas haji asal Aceh, Manshur bin Ahmad, meninggal dunia di Mina, Arab Saudi, pukul 02.30 WIB, Senin, 17 Juni 2024.

“Innalillahi wa innalillahi rajiun, yang bersangkutan dilaporkan mengalami kelelahan,’ ujar Kakanwil Kemenag Aceh, yang juga Ketua PPIH Aceh, Azhari.

Menurutnya, mendiang Mansur merupakan petugas dari Kloter 7 Embarkasi Aceh. Almarhum bernama lengkap Manshur  bin Ahmad.

Mendiang Mansur merupakan penghulu di KUA Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, yang juga tercatat sebagai Sekjend MPO Iskada Aceh.

Almarhum juga pengurus BKM Masjid Syuhada Lamgugob, pengurus IPHI Aceh, pengurus BKPRMI Aceh dan pengurus mushalla Dusun Tunggai Lamgugob.

Baca Juga :  Wapres Ma'ruf Amin Sampaikan Terima Kasih kepada Gubernur Nova dan Jajaran Pemerintah Aceh

“Insya Allah beliau husnul khatimah, mabrur amalnya. Kita doakan keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah menerima cobaan,” ujar Azhari.

Hingga kini, tercatat empat Jamaah Haji asal Aceh meninggal dunia di Arab Saudi. Keempat jamaah haji ini meninggal dunia karena mengalami sakit.

Yakni Manshur bin Ahmad, merupakan petugas haji, kemudian Ruhamah binti Hasan Amin, berusia 84 tahun. Dia berasal Desa Ujong Kareng, Sabang, Kecamatan Sukajaya, Sabang,

Ia menghirup nafas terakhir sekitar pukul pukul 20.55 Waktu Arab Saudi (WAS), kemarin. Ruhamah adalah jemaah kelompok terbang BTJ-01, Kamis, 6 Juni lalu.

Baca Juga :  Diduga 2 WNA melakukan Pelanggaran Keimigrasian dan Pidana Keimigrasian  

Menurut sertifikat kematian yang dilkeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, Ruhamah didiagnosa mengalami Syok Kardiogenik (cardiogenic shock), Acute Coronary Syndrome, Cronic Heart Failure, Cardiomegaly dan Senility.

Kemudian, Muhdin Ibrahim (62) asal Bireuen. Almarhum bernama Muhdin Ibrahim Ahmad (62 tahun) yang tergabung dalam kloter 2 Aceh, serta berasal dari Dusun Teupin Greb Kapa, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Berdasarkan laporan yang kita terima, dan sertifikat kematian yang kita terima, almarhum bermanifes 197, mengalami cardiogenic shock. Almarhum telah dimakamkan di Sharae Mekkah, Sabtu 8 Juni.

Baca Juga :  Penjabat Bupati Nagan Raya Lantik 623 PPPK Formasi 2023

Berikutnya, seorang jemaah haji asal Kecamatan Pengasing, Aceh Tengah, Muhammad Umar Ardik (78), meninggal dunia di Mekkah, Arab Saudi, Ahad, 9 Juni 2024 sekitar pukul 06.34 Waktu Arab Saudi (WAS). Muhammad Umar adalah jemaah kelompok terbang (kloter) 05-BTJ.

Menurut sertifikat wafat (CoD) yang dilkeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, Muhammad Umar didiagnosa mengalami gangguan pernapasan berat (Acute Respiratory Distres Syndrome). Azhari juga mengatakan pihak maktab sedang melakukan pengurusan jenazah dan almarhum akan disalatkan setelah salat Zuhur di Masjidil Haram.

Penulis: Afrizal

Editor: Amiruddin MK

Share :

Baca Juga

Internasional

Menlu Retno : Diplomasi Indonesia untuk Palestina tidak pernah berhenti

Internasional

Perkuat Kerja Sama Bilateral, Indonesia – Persatuan Emirat Arab Sepakati 8 Nota Kesepahaman

Internasional

Ambil kembali Rohingya, kata Bangladesh kepada Myanmar di PBB

Internasional

Repatriasi menjadi faktor kunci untuk menyelesaikan krisis Rohingya

Internasional

Buronan Internasional Ditangkap, Thailand Berterima Kasih pada Polri

Internasional

IOM Dianugrahi Penghargaan Hasan Wirajuda Pelindungan WNI  

Internasional

Menlu Retno : Kunjungan saya ke CTBTO adalah salah satu bentuk komitmen Indonesia terhadap multilateralisme

Internasional

Perang Israel di Gaza adalah ‘gerakan lambat, pembunuhan massal terhadap anak-anak,’ kata Ratu Rania dari Yordania kepada CNN 

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!