Home / Aceh Barat / Pemerintah

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:06 WIB

Pj Bupati Aceh Barat Sampaikan LKPJ di Paripurna DPRK

REDAKSI

Pj Bupati Aceh Barat Sampaikan LKPJ di Paripurna DPRK.

Pj Bupati Aceh Barat Sampaikan LKPJ di Paripurna DPRK.

Meulaboh – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs Mahdi Efendi, Kamis (28/03/2024), menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tahun 2023 di depan Sidang Paripurna di Ruang Sidang Utama DPRK Aceh Barat dipimpin wakil Ketua 1 DPRK Ramli, SE

Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat melaksanakan Rapat Paripurna kedua masa sidang pertama DPRK Aceh Barat tahun 2024 yang digelar di ruang sidang utama DPRK setempat. Kamis, (28/03/2024)

Mahdi Efendi mengatakan, LKPJ merupakan laporan yang disusun sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Baca Juga :  Sekda Pimpin Apel Pagi Sekaligus Melaksanakan Donor Darah

Dikatakannya, LKPJ tahun 2023 membahas beragam aspek, termasuk kebijakan umum pemerintah daerah, data umum daerah, permasalahan strategis, perencanaan pembangunan, dan penjabaran APBD. Selain itu, laporan juga mencakup capaian kinerja penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, pelaksanaan tugas perbantuan, dan tugas lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lebih lanjut ia menjelaskan, menyangkut oti pembangunan manusia, Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2023 mencatat peningkatan indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 0,72 persen dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai 74,62 poin. “Pertumbuhan ekonomi juga mengalami peningkatan signifikan, dengan laju pertumbuhan mencapai 4,08 persen, menandai perubahan sebesar 22,89 persen dari capaian tahun sebelumnya,” terangnya.

Baca Juga :  Ketua Tim TP PKK Aceh Barat Kembali Kunjungi Gampong Mawaddah Warrahmah

Di sisi lain dalam kesempatan itu, Mahdi juga menyampaikan bahwa PDRB Aceh Barat pada tahun 2023 mengalami peningkatan baik pada dasar harga berlaku maupun dasar harga konstan, serta berhasil mengendalikan laju inflasi hingga mencapai 1,42 persen, menurun sebesar 78,35 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan dalam pengendalian inflasi juga memberikan pengakuan dengan dana insentif fiskal terbanyak di Provinsi Aceh, tuturnya.

Sedangkan Tingkat kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2023 mengalami penurunan sebesar 0,39 persen dari tahun sebelumnya, sementara tingkat pengangguran terbuka menurun menjadi 6,07 persen, menandai penurunan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya, ucap mahdi.

Baca Juga :  Soal Penambangan Emas Ilegal, Pj Bupati Aceh Barat: "Regulasinya Sedang Kita Perjuangkan

Tingkat pendapatan perkapita naik menjadi Rp66.280.000, sementara indeks Gini rasio atau ketimpangan pendapatan mengalami penurunan menjadi 0,237. Realisasi target pendapatan daerah tahun 2023 melampaui target awal, mencapai Rp1.405.313.455.102,81 atau 103,25 persen dari target yang telah ditetapkan.

Menurut nya, secara keseluruhan, pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Aceh Barat berjalan secara optimal. Keberhasilan ini merupakan hasil sinergitas, efisiensi, dan kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan dalam mendukung pembangunan di wilayah ini, tandasnya.

Laporan LKPJ itu kemudian diserahkan oleh Pj Bupati kepada Piminan Sidang Paripurna, seusai dibacakan. Dan diterima langsung oleh Wakil Ketua 1 DPRK Ramli, SE.

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Bantu Kebutuhan Dasar Bahan Pokok Masyarakat, Pemkab Aceh Barat Gelar Pasar Murah

Aceh Barat

Ketua Tim TP PKK Aceh Barat Kembali Kunjungi Gampong Mawaddah Warrahmah

Nagan Raya

Pemkab Nagan Raya Cairkan THR ASN

Aceh Barat

Sosok Perempuan masuk usulan 3 Nama Calon Pj Bupati Nagan Raya, Abu Meulaboh Dukung dan Apresiasi Keputusan DPRK

Aceh Barat

Pj Bupati Aceh Barat Pimpin Rapat Dengan Forkopimda dalam rangka Persiapan Pemilu

Aceh Barat

Bupati Ramli MS Apresiasi Kegiatan Kompak

Pemerintah

Aceh Besar Raih Juara I SP2KP SSe Indonesia Atas Pemberian Informasi Harga

Pemerintah

Bupati Lantik Kepala UPTD Puskesmas, Kepsek dan Pengawas Serta Kepala TU