Simeulue – BPJS Kesehatan Kabupaten Simeulue memberikan apresiasi atas inovasi pelayanan digital yang diterapkan oleh Puskesmas Simeulue Timur. Layanan tersebut berupa Antrian Online melalui aplikasi Mobile JKN serta konsultasi jarak jauh menggunakan fitur chat dan video call Telemedicine, Kamis (31/7/2025).
Kepala BPJS cabang Simeulue Irdiansah, mengungkapkan saat ini Kepala Puskesmas Simeulue Timur menginstruksikan seluruh petugas agar aktif membantu pasien maupun masyarakat dalam menggunakan layanan digital, khususnya dalam pemanfaatan aplikasi Mobile JKN.
“Dengan begitu, proses pendaftaran antrean dan konsultasi medis bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien,” ungkap Irdiansah.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas juga melakukan uji coba implementasi layanan konsultasi telemedicine. Uji coba tersebut meliputi konsultasi dengan dokter umum dan dokter gigi.
”Alhamdulillah, pelaksanaan telemedicine berjalan lancar dan memberikan kemudahan bagi pasien dalam memperoleh pelayanan kesehatan tanpa harus datang langsung ke fasilitas kesehatan,” ujarnya.
Kegiatan itu dihadiri oleh internal petugas puskesmas dan pasien yang sedang melakukan pendaftaran layanan di Puskesmas Simeulue Timur. Inovasi digital ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Simeulue secara signifikan.
Editor: Redaksi