Home / Aceh Barat

Rabu, 29 September 2021 - 16:55 WIB

Bupati Aceh Barat H. Ramli MS Tutup Seleksi Qira’atil Kutub

REDAKSI

Bupati Aceh Barat H. Ramli MS menutup kegiatan Seleksi Qira'atil Kutub (SQK) tingkat Kabupaten tahun 2021

Bupati Aceh Barat H. Ramli MS menutup kegiatan Seleksi Qira'atil Kutub (SQK) tingkat Kabupaten tahun 2021

NOA | Aceh Barat – Bupati Aceh Barat H. Ramli MS menutup kegiatan Seleksi Qira’atil Kutub (SQK) tingkat Kabupaten tahun 2021 yang digelar di aula gedung B Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten setempat, Rabu (29/9/2021).

Dalam arahannya, Bupati Ramli menyebutkan, santri harus bisa menjadi pemimpin Bangsa yang Pancasilais yangmemegang teguh nilai-nilai agama. “Sebagai calon pemimpin, santri jangan alergi dengan politik, namun terjunlah keperpolitikan yang lebih besar yaitu politik Kebangsaan,” katanya.

Di tengah arus globalisasi saat ini, Ramli MS meminta kepada para santri agar terus membentengi dirinya dengan ilmu dan akhlak yang baik dalam menghadapi pesatnya perkembangan zaman.

“Dengan berkembangnya teknologi, banyak ideologi transnasional yang mulai masuk ke Indonesia yang notabene bertentangan dengan Pancasila dan ajaran islam khususnya akidah Ahlul Sunnah Wal Jamaah,” ucap Bupati Ramli.

Baca Juga :  DPMPTSP Aceh Barat Terbaik 3 Untuk Kategori Penghargaan Reformasi Perizinan

Untuk mendukung hal tersebut, ia meminta kepada instansi terkait agar segera melengkapi fasilitas serta sarana prasarana untuk dayah guna menjadikan santri melek akan teknologi sehingga para lulusan dayah tidak ketinggalan dengan lulusan pendidikan formal lainnnya.

“Santri harus mampu bersaing dalam berbagai aspek kehidupan termasuk penguasaan teknologi dan politik Kebangsaan” imbuh Ramli.

Menurutnya, santri harus bisa meningkatkan pengetahuannya terhadap perkembangan teknologi dan politik saat ini. Dengan adanya pemahaman yang baik diharapkan calon pemimpin Bangsa kelak bisa berasal dari kalangan santri.

“Sudah saatnya ulama dan santri memimpin Bangsa, Negeri ini harus diurus oleh orang-orang baik yang Pancasilais dan Agamis guna menjaga Bangsa ini dari pengaruh luar yang dapat merusak ideologi dan akidah,” sebut Ramli.

Baca Juga :  Evi Juwinda: PAUD Suatu Upaya Pembinaan Sejak Lahir

Disamping itu, ia juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Barat saat ini sedang menyiapkan Lab bahasa gratis yang diperuntukan untuk masyarakat guna mendorong peningkatan kualitas SDM dalam menghadapi persaingan global saat ini.

Untuk itu, ia mengajak kepada para santri dan guru yang memiliki keahlian dalam berbahasa Arab, Inggris, dan Mandarin agar dapat ikut berpartisipasi dalam mendidik masyarakat Aceh Barat di Lab Bahasa milik pemerintah tersebut.

Sementara itu, Kepala dinas pendidikan dayah Kabupaten Aceh Barat, Zulkifli, S.Pd, menyampaikan bahwa Kegiatan seleksi Qira’atil Kutub tersebut telah digelar selama 3 hari sejak tanggal 24 hingga 26 September 2021 lalu, yang dipusatkan di komplek Pesantren Serambi Mekkah yang berada di desa Blang Beurandang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat.

Baca Juga :  Pertemuan Dengan Koptan, Bupati Ramli MS: Kita Sudah Bagikan 1000 Hand Traktor

“Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah santri/santriwati utusan dari dayah yang ada dalam Kabupaten Aceh Barat sebanyak 150 orang yang dibagi ke dalam 3 tingkatan Marhalah dan 10 komponen cabang/bidang,” ucap Zulkifli.

Selanjutnya, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan piala dan hadiah penghargaan kepada para juara lomba dari setiap cabang qira’atil kutub yang diperlombakan yang di serahkan secara simbolis oleh Bupati Aceh Barat yang juga di dampingi Plt. Kepala dinas pendidikan dayah dan Plt. Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Barat.(RED).

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Pj Bupati Aceh Barat Sambut Kedatangan Pj Gubernur Aceh

Aceh Barat

Aceh Barat Siapkan Penghargaan Untuk ASN Inovatif

Aceh Barat

Pastikan Kelancaran Pemilu, Pj Bupati Mahdi Bersama Forkopimda Aceh Barat Tinjau TPS 

Aceh Barat

Realisasi Investasi Pada Kuartal 1 2022 Aceh Barat Capai Rp 127,4 M

Aceh Barat

Pemerintah Aceh Barat Pasang Videotron dan TV Robot di Meulaboh

Aceh Barat

Sampaikan Duka Cita, Bupati Ramli MS Melayat ke Rumah Korban Inside Mobil Jatuh Kejurang

Aceh Barat

MPU Aceh Barat Gelar Sosialiasi Fatwa dan Hukum Zakat Fitrah

Aceh Barat

Peserta Aceh Barat Raih Prestasi Gemilang dalam Seleksi MTQ Korpri Tingkat Provinsi Aceh 2023