Wakili Pj Bupati, Sekda Sulaimi Buka Pelatihan GTA Aceh Besar - NOA.co.id
   

Home / Aceh Besar / Pemerintah

Selasa, 19 September 2023 - 20:56 WIB

Wakili Pj Bupati, Sekda Sulaimi Buka Pelatihan GTA Aceh Besar

REDAKSI

Sekdakab Aceh Besar, Drs. sulaimi M.si memberikan kata sambutan dan sekaligus membuka acara kegiatan Government Transformation Academy (GTA) di Gedung Dekranasda, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Selasa (19/09/2023).

Sekdakab Aceh Besar, Drs. sulaimi M.si memberikan kata sambutan dan sekaligus membuka acara kegiatan Government Transformation Academy (GTA) di Gedung Dekranasda, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Selasa (19/09/2023).

Kota Jantho – Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Besar Drs. Sulaimi M.Si membuka kegiatan pelatihan Government Trasformation Academy (GTA) di Aula Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Besar di Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Selasa (19/9/2023).

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto melalui Sekda Aceh Besar Sulaimi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Aceh Besar dan terimakasih kami kepada Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan yang telah memprakarsai kegiatan Pelatihan GTA Tahun 2023 bagi PNS di Kabupaten Aceh Besar.

“Selamat datang di Aceh Besar semoga merasa betah dan bahagia di tempat ini, dan terimakasih juga kepada kepala BBPSDMP Kominfo Medan yang telah memprakarsai kegiatan Pelatihan GTA ini,” ujarnya.

Sulaimi mengatakan, saat ini perkembangan dunia digital sangat luar biasa dan telah mengalami transformasi yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, serta tak hentinya para pengembangnya terus melakukan Inovasi-inovasi berbasis teknologi Informasi. Agar dapat membantu penggunanya dalam menyelesaikan aktifitas sehari-hari.

“Oleh karena itu kepada para peserta semua, agar serius mengikuti kegiatan ini, sehingga di saat kegiatan ini selesai, ada ilmu-ilmu teknologi yang anda dapatkan bagi diri anda pribadi dan juga bagi Aceh Besar,” ucapnya.

Baca Juga :  Terimakasih Pak Pj Bupati Aceh Besar

Sulaimi juga mengatakan, sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar sangat berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan secara digitalisasi dengan harapan dapat memudahkan dan meningkatkan kepuasan masyarakat.

“Oleh karena itu, sesuai Perpres Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemkab Aceh Besar sangat berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan secara digital agar memudahkan dan meningkatkan kepuasan masyarakat dalam memperoleh informasi,” ungkapnya.

Selanjutnya Sulaimi menjelaskan dengan seiringnya waktu dan semangat reformasi birokrasi sebagai penyelenggara pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan publik, maka pada saat ini kita harus mampu menciptakan pandangan atau paradigma baru yang merupakan suatu konsep untuk mengacu kepada proses pencapaian keputusan dan pelaksanaannya yang dapat dipertanggungjawabkan secara bersama.

“Seiring berjalannya waktu, kita akan dituntut agar harus mampu menciptakan pandangan dan paradigma baru untuk mengacu pada proses pencapaian keputusan dan pelaksanaan yang nantinya dapat dipertanggungjawabkan secara bersama,” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam rangka menjawab tantangan kedepan bahwa aparatur sipil Negara (ASN) dituntut menjadi pemimpin perubahan, maka kita harus bekerja secara professional dan kolaborasi dimana saling kerja sama dan kerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga :  Bappeda Aceh Besar Verifikasi Usulan Prioritas DAK Fisik Tahun 2024

“Oleh karena itu dengan pelaksanaan pelatihan GTA ini kita berharap dapat terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) digital sebagai penunjang pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik di kabupaten Aceh Besar,” tambah Sulaimi.

Diakhir sambutannya Sulaimi mengucapkan terimakasih kembali Kepada BBPSDMP Kominfo Medan yang telah membantu pelaksanaan Pelatihan ini. Semoga semua peserta dapat memahami dan menyusun Arsitektur SPBE, Integrasi Domain Proses Bisnis, Data, Infrastruktur, Aplikasi Layanan dan Keamanan, Serta dapat menentukan tindakan terbaik terkait Resiko SPBE. Kemudian kami mengharapkan pelatihan digital ini dapat terus dilanjutkan bahkan jika memungkinkan dan bisa, sampai ke pemerintahan Desa.

“Atas nama Pemkab Aceh Besar kami mengucapkan selamat mengikuti pelatihan bagi para peserta. Ikutilah secara tekun hingga selesai. Semoga bapak dan ibu dapat menunjukkan perilaku positif atas kebersamaan, keteladanan dan ketentuan selama mengikuti Pendidikan dan pelatihan ini. Serta ilmu yang diperoleh pada kegiatan ini dapat bermanfaat bagi bapak ibu nantinya dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Dan kami juga berharap agar pelatihan digital ini dapat diteruskan sampai ke Pemerintahan Desa,” tutur Sekda Aceh Besar.

Sementara Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Christiany Juditha, S.Sos. MA. mengatakan kegiatan ini akan dilaksanakan selama lima (5) hari mulai tanggal 19 hingga 23 September dan diikuti oleh Sekretaris Dinas (Sekdis), Sekretaris Kecamatan (Sekcam) dan Operator yang ada di Aceh Besar dan program Digital Talent Scholarship (DTS) ini telah dimulai pada tahun 2018 dan pertamanya diberikan kepada talenta digital Indonesia.

Baca Juga :  Banjir Aceh Barat Menyurut, Bupati Minta Lintas Instansi Terus Siaga

“Kegiatan pelatihan GTA ini maksimal kita gelar selama lima hari, jika bisa dipercepat, akan kami percepat dengan menggabungkan beberapa materi yang mungkin bisa digabungkan, akan kita gabungkan,” ujarnya.

Christiany juga mengatakan bahwa pihaknya dalam melaksanakan kegiatan pelatihan GTA ini fokus pada pengembangan SDM, tentunya dibidang informasi dan akan menggunakan dua (2) metode atau skema yang meliputi Arsitektur SPBE dan Transformasi SPBE.

“Kegiatan pelatihan GTA ini fokusnya pada SDM, dengan menggunakan metode Arsitektur SPBE dan Transformasi SPBE sebagai layanan publik berbasis elektronik dengan berbagi pakai sumber daya baik aplikasi, infrastruktur, layanan, bahkan proses bisnis yang terintegrasi antar-berbagai instansi, baik pusat maupun daerah dan transformasi digital telah didukung dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE dan Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,” pungkasnya. (**)

Share :

Baca Juga

Aceh Besar

Dinsos Aceh Besar Serahkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Kebakaran di Labuy Baitusalam

Nasional

Dirjen Imigrasi : Tidak hanya pelayanan, saya harapkan pengawasan dan penindakan terhadap WNA ilegal untuk ditingkatkan

Aceh Besar

Aceh Besar Sabet 5 Juara Pada HKG PKK ke -51 Provinsi Aceh

News

Lantik Pengurus MPD Kabupaten Aceh Selatan, Ini Harapan Tgk Amran

Aceh Besar

Prokopim Aceh Besar Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Protokol

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Buka Program Penguatan Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar Tahap III 

Aceh Besar

Bersama Danlanud, Pj Bupati Iswanto Ikuti Trail Adventure Hari Bakti ke-76 TNI AU

Aceh Besar

Ayo Dukung Lubok Sukon Aceh Besar Menangi ADWI 2023