Hasanuddin Ishak Untuk Banda Aceh Figur yang Sudah Teruji - NOA.co.id
   

Home / Politik

Minggu, 16 Juni 2024 - 19:00 WIB

Hasanuddin Ishak Untuk Banda Aceh Figur yang Sudah Teruji

REDAKSI

Ir. Hasanuddin Ishak (Foto: noa.co.id/FA)

Ir. Hasanuddin Ishak (Foto: noa.co.id/FA)

Banda Aceh – Mantan Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Ir. Hasanuddin Ishak, akan memasuki arena kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banda Aceh 2024.

Dalam pernyataannya, Hasanuddin mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut dan menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi secara fair dalam Pilkada Kota Banda Aceh nantinya.

Hal itu ditegaskan oleh Hasanuddin Ishak, figur yang sudah teruji saat menjabat sebagai Plt Walikota Banda Aceh tahun 2016-2017, kepada media ini pada Sabtu (16/6/2024).

Saat ditanya mengenai rencana jika terpilih sebagai Walikota Banda Aceh, Ketua BKM Al-Furqan Beurawe Kuta Alam ini menegaskan bahwa dirinya akan fokus pada program pembangunan kota dari gampong.

“Di Kota Banda Aceh ini terdapat 90 desa dari 9 kecamatan. Jika setiap desa memiliki unit usaha yang mampu menopang ekonomi gampong dan masyarakat, desa tersebut pasti akan maju,” ujarnya.

Baca Juga :  100 Hari Kinerja Achmad Marzuki Ketua IMPAS Jakarta Nazarullah: Ingat, Asal Jangan Gadaikan Aceh!

Hasanuddin mengungkapkan keinginannya untuk melihat ibu kota Provinsi Aceh maju dan berkembang seperti provinsi lainnya di Indonesia.

“Maka semuanya akan kita mulai dari gampong. Saya pikir ini adalah langkah tepat dan sebuah konsep bottom-up yang menampung aspirasi kebutuhan masyarakat sebagai bagian warga kota, yang akhirnya menjadi sebuah grand desain untuk membangun Kota Banda Aceh yang benar-benar mengakar di hati rakyat secara keseluruhan,” tutur Hasanuddin.

Hasanuddin berpendapat bahwa membangun dari gampong bukan hanya sekadar infrastruktur, namun lebih menyeluruh, terutama dalam sektor ekonomi dan UMKM.

Baca Juga :  Persiapkan HUT 17 Agustus, Pemerintah Aceh Barat Kukuhkan Panitia Pelaksana

“Kenapa UMKM? Karena UMKM merupakan roh dari denyut ekonomi masyarakat, baik secara personal, keluarga, maupun kelompok, serta sektor pariwisata. Kita ingin warga gampong terlibat secara utuh, hingga tidak mengesankan ‘buya duek teu dong-dong, buya tamong meureuseuki,’ yang artinya orang luar mendapat rezeki sementara warga gampong hanya menonton saja,” kata Hasanuddin.

“Jika pembangunan gampong berhasil dan rakyat sejahtera melalui pemberdayaan ekonomi, maka Kota Banda Aceh secara keseluruhan akan terangkat statusnya, terutama dalam hal kepedulian terhadap warga dan pembangunan kota yang lebih merata serta berdaya,” tambahnya.

Saat ini, Hasanuddin sedang melakukan komunikasi politik yang intens dengan beberapa partai. Salah satu partai yang telah sepakat mengusung Hasanuddin sebagai Bakal Calon Walikota Banda Aceh adalah PKB. Namun, PKB hanya memiliki satu kursi di DPRK Banda Aceh.

Baca Juga :  Ternyata Aminullah- Zainal Bayar Puluhan Milyar Hutang Masa Mawardi Illiza

Hasanuddin membutuhkan setidaknya empat kursi tambahan untuk bisa diusung sebagai calon mandiri dengan jumlah lima kursi.

Dengan demikian, Hasanuddin berpeluang mencari dukungan dari partai lain seperti Gerindra atau Golkar sebagai koalisi tambahan. Golkar sendiri memiliki tiga kursi di DPRK Banda Aceh. Sementara itu, PPP yang memiliki dua kursi di DPRK Banda Aceh sudah mengusung Illiza Saaduddin Jamal sebagai kader PPP.

Penulis: Hidayat S

Editor: Gito Rolis

Share :

Baca Juga

Nasional

Menko Polhukam Imbau Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian Berkolaborasi Cegah Potensi Tindak Pidana Pilkada

Nasional

Mendagri Minta Pemda Maksimalkan Dukungan Kebutuhan Sarana dan Prasarana Penyelenggara Pilkada Serentak 2024

Politik

Maju Gubernur, Prof. Sanny Resmi Mendaftar ke Partai PAS Aceh

Politik

Mahasiswa Desak Panwaslih Tindaklanjuti Indikasi Penggelembungan Suara di Aceh Timur ke Ranah Pidana dan DKPP

Politik

Ketua DPD PSI Aceh Timur Diganti

Daerah

GM Kyriad Bambang Pramusinto Diminta Maju Wali Kota Banda Aceh

Hukrim

Setelah di Evaluasi Ombudsman, Ini Komitmen Kapolres Agara

Politik

Nazar SIRA : Jangan Pilih Calon Gubernur Aceh Berotak kecil, sempit dan marjinal

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!