Home / Daerah / Tni-Polri

Minggu, 3 September 2023 - 18:37 WIB

Kapolresta Banda Aceh : Polri Siap Mengawal Pemilu Hingga Berjalan Sukses

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh – LPP RRI Banda Aceh menggelar talk show gerakan cerdas memilih (GCM) sesi II. Talk show ini berlangsung di sela acara jalan sehat dalam rangka memeriahkan Hari Radio ke-78 di taman Bustanussalatin Kota Banda Aceh, Minggu (3/8/2023).

Talk show ini menghadirkan narasumber di antaranya Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Agus Syahputra, dan anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Hendra Darmawan.

Farid Nyak Umar mengapresiasi RRI Banda Aceh yang berinisiatif dan konsen menyelenggaran kegiatan gerakan cerdas memilih untuk mengedukasikan masyarakat khsususnya pemilih pemula ikut berpartisipasi menyukseskan pemilu 2024 mendatang.

“Kita ketahui sekitar 60 persen pemilih di Banda Aceh adalah milenial. Sehingga sosialsiasi tentang pemilu 2024 harus gencar dan masif,” kata Farid.

Baca Juga :  Badiklat Kejaksaan Bersama KPK Gelar Pendidikan Pembentukan Penyelidik dan Penyidik

Dia meminta kepada penyelenggara pemilu untuk memastikan hak pilih kalangan milenial terpenuhi. “Bukan pemilih yang diharapkan cerdas. Tapi penyelenggarakan juga harus cerdas baik dari KIP, Panwaslih dari tingkat provinsi, hingga tingkat desa yaitu PPS,” ujarnya.

“Anak muda butuh sosialisasi yang lebih kreatif. Seperti di warung-warung kopi. Ini tantangan bagi penyelenggara pemilu. Kemudian keterlibatan parpol juga penting. Harus juga mencerdaskan pemilih, bukan cuma sekedar mengajak pilih caleg kemudian janji-janji politiknya,” sambungnya.

Farid juga meminta kepada penyelenggara pemilu harus memastikan pesta demokrasi 5 tahun sekali ini harus berlangsung dengan jujur, adil dan berintegriras. Begitu juga dengan penegak hukum juga harus bersikap netral dan menciptakan pemilu yang aman dan berkualitas,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Hendra Darmawan mengatakan, KIP Aceh memastikan seluruh tahapan pemilu saat ini sedang berjalan dengan baik dan mendorong partisipasi pemilih pemula untuk ikut terlibat menyukseskan pemilu.

Baca Juga :  Besok Malam, STQ Aceh Besar Dimulai

“Kita memastikan tahapan saat ini berjalan dengan baik, mendorong partisipasi pemilihan, sosialisasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dan berharap pemilu 2024 berjalan dengan sukses. Selain itu kita juga mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada hoaks yang dapat menciptakan kegaduhan pada suasana politik ini,” kata Hendra.

Ketua Panwaslih Aceh Agus Syahputra mengatakan, pihaknya memastikan pesta demokrasi berjalan dengan sukses dan menciptakan rasa kepuasan bagi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya.

“Kita mengajak semua pihak untuk menyukseskan pemilu, adil dan berintegritas. Saya berharap bukan hanya adil bagi penyelenggara, tapi juga bagi masyarakat yang kemudian memperoleh hasil yang puas dan bahagia bagi semua, terutama masyarakat sebagai pemilih,” ujarnya.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli mengatakan, Polri siap mengawal pemilu hingga berjalan sukses dan menciptakan rasa sejuk dan aman bagi masyarakat.

Baca Juga :  Tatap Muka Pangdam IM dengan Pimpinan Media Massa

“Kami berkomitmen mengawal demokrasi pemilu 2024, bagaimana tahapan pemilu berjalan dengan baik. Kita juga memastikan tahapan pemilu ini berjalan dari tingkat kota, kecamatan hingga ke desa-desa,” kata Fahmi.

“Soal penegakan hukum kami juga membentuk tim Gakkumdu yang melibatkan KIP, Panwaslih, Polri, Kejaksaan dan semua pihak untuk menangani berbagai sengketa dan pelanggaran pemilu, kita juga memastikan penegakan hukum berjalan. Kita berharap Pemiliu di Banda Aceh berlangsung dengan aman dan sejuk, semua msyarakat dapat menggunakan hak pilih tanpa ada rasa takut dan khawatir. Kita pastikan pemilu di Banda Aceh berjalan dengan aman dan baik,” tambah Fahmi.

Talk show Gerakan Cerdas Memilih RRI Banda Aceh ini dipandu oleh presenter Lismawarni dan turut disaksikan ribuan masyarakat yang menjadi peserta jalan sehat. **

Share :

Baca Juga

News

Ditlantas Polda Aceh Siaga Banjir dan Longsor

Tni-Polri

Polda Aceh Siapkan 1.827 Personel untuk Amankan Mudik dan Lebaran

Tni-Polri

Abang Becak di Banda Aceh Terima Sirup dari Dirlantas Polda Aceh, Ini Jumlahnya

Tni-Polri

Tradisi Mandi Kembang di Polresta Banda Aceh saat 63 Personelnya Naik Pangkat

Daerah

Kakanwil Kemenkumham Aceh Beri Penguatan untuk 37 Kepala UPT

Tni-Polri

Vaksinasi Massal Kerja Sama Polda Aceh Dan PLN Wilayah Aceh Digelar di Provinsi Aceh, Ini Capaiannya

Daerah

Seorang Bayi Perempuan Ditemukan di Saree

Lhokseumawe

Rakor Percepatan Vaksinasi, Kapolsek Kuta Makmur Minta Para Keuchik Tingkatkan Sosialisasi