Lhokseumawe – Menjalani perawatan inap di salah satu rumah sakit di Kota Lhokseumawe, Ilham Habibi (21), pemuda asal Desa Hagu Barat Laut, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe ini mengaku sangat puas dengan pelayanan kesehatan yang ditanggung oleh Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.
Ilham yang sehari-harinya bekerja sebagai salah satu karyawan swasta tersebut menceritakan bagaimana merasa sangat terbantu dan merasakan langsung manfaat Program JKN. Ia merasa bahwa pelayanan kesehatan yang diperoleh peserta Program JKN yang membutuhkan pelayanan kesehatan sudah semakin cepat dan lebih baikdi fasilitas kesehatan, maupun pengurusan administrasi di Kantor BPJS Kesehatan.
“Beberapa hari lalu saya merasa pusing dan lemas sekujur tubuh, sehingga saya beserta ibu memutuskan untuk pergi ke fasilitas kesehatan terdekat. Diagnosis dokter waktu itu, saya membutuhkan perawatan lebih lanjut, sehingga saya dirujuk ke rumah sakit. Alhamdulillah hari ini kondisi saya sudah mulai membaik,” ujar Ilham saat ditemui oleh Tim Jamkesnews.
Ilham yang terdaftar sebagai peserta Program JKN pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) menambahkan, proses dalam pengurusan administrasi pelayanan saat di fasilitas kesehatan pun berlangsung sangat cepat. Ia yang waktu itu didampingi oleh sang ibu hanya cukup menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya kepada petugas administrasi fasilitas kesehatan, dan dirinya tidak sama sekali dimintakan berkas lainnya seperti salinan kartu JKN, KTP, ataupun Kartu Keluarga (KK) milikinya.
“Alhamdulillah, untuk pelayanan kesehatan yang saya rasakan di sini cepat, mudah, dan langsung dapat kamar. Tenaga medisnya juga saya rasa sangat baik dan cepat dalam menangani pasien. Serta dokter dan juga perawatnya pada saat memberikan edukasi mudah dipahami oleh saya,” jelas Ilham yang merasa puas dengan pelayanannya.
Selain itu, Ilham juga mengungkapkan bahwa banyak yang bercerita kepada dirinya, baik kerabat ataupun keluarga tentang pelayanan kesehatan Program JKN. Cerita yang didapatinya adalah mereka merasa pelayanan Program JKN sudah sangat baik.
“Saya banyak dapat cerita juga dari teman kerja ataupun keluarga, tetangga yang memanfaatkan Program JKN, semua setuju dengan saya kalau pelayanannya itu sudah sangat baik, pengurusan administrasi di Kantor BPJS Kesehatan juga semakin cepat dan mudah. Selain itu, dari sisi fasilitas kesehatan baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) juga sangat baik, pelayanannya juga ramah,” ucap Ilham.
Dengan manfaat yang telah Ilham rasakan dan dengar langsung dari orang-orang disekitarnya, Ilham mengimbau kepada masyarakat, agar tidak ragu untuk memanfaatkan Program JKN dalam upaya mengakses pelayanan kesehatan apabila dibutuhkan.
“Karena saya sendiri sudah merasakan manfaatnya. Jadi manfaat positif terkait pelayanan peserta Program JKN itu benar-benar saya alami sendiri,” kata Ilham.
Di akhir perbincangan, Ilham juga turut menyampaikan harapannya dari hadirnya Program JKN. Ia berharap BPJS Kesehatan dapat terus dikelola secara optimal sehingga dapat terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan penjaminan pelayanan kesehatan.
“Saya merasakan pelayanan yang luar biasa baik. Mudah-mudahan masyarakat dapat memanfaatkan Program JKN dengan baik dan bijak. Karena saya sendiri merasakan manfaatnya dan saya juga sangat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan fasilitas kesehatan maupun BPJS Kesehatan kepada saya sebagai peserta. Semoga kedepan semakin banyak inovasi-inovasi, demi memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi peserta,” tutup Ilham.
Editor: Amiruddin. MK










