Netralitas TNI sebagai Pilar Utama Menyongsong Pemilu - NOA.co.id
   

Home / Tni-Polri

Senin, 20 November 2023 - 13:51 WIB

Netralitas TNI sebagai Pilar Utama Menyongsong Pemilu

MUHAMMAD RISSAN

Aceh Timur – Kapten Inf. Meswanto Danramil 16/Peudawa, Kodim 0104/Atim, dengan tegas menekankan kepada seluruh anggota Koramil tentang pentingnya menjaga netralitas TNI dalam menyikapi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan datang, bertempat di Makoramil 16/Peudawa, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur. Senin (20/11/2023) Pagi.

“Jam Komandan” yang disampaikan pada hari Senin 20-11-2023 menekankan bahwa sebagai Abdi Negara, tugas dan tanggung jawab anggota Koramil adalah untuk melayani masyarakat dan menjaga keamanan, tanpa memihak kepada partai politik atau calon peserta pemilu.

Komandan Koramil menekankan bahwa netralitas TNI adalah landasan utama dalam melaksanakan tugas sebagai aparat pertahanan dan keamanan negara. Dalam suasana pesta demokrasi ini, anggota TNI diingatkan untuk tidak terlibat dalam aktivitas politik praktis dan tidak memihak kepada golongan tertentu.

Baca Juga :  Pangdam IM pimpin upacara Sertijab pejabat Kodam IM

Lanjutnya. Dengan penekanan ini, diharapkan anggota Koramil 16/Peudawa, dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, profesionalisme, dan netralitas TNI sebagai mana semestinya, sehingga dapat memberikan kontribusi maksimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah binaan, tegasnya.

Kapten Inf. Meswanto memberikan pedoman kepada seluruh anggota Koramil 16/Peudawa, terkait sikap yang harus dipegang dalam menghadapi proses demokrasi ini.

Baca Juga :  KH Nasaruddin Umar: Masjid Istiqlal jadi Jembatan Pemersatu Bangsa 

“Anggota Koramil dihimbau untuk tetap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. TNI harus tetap fokus pada tugas pokoknya sebagai aparat pertahanan dan keamanan negara.”

“Anggota TNI, khususnya Koramil, harus menghindari sikap atau tindakan yang dapat diartikan sebagai dukungan terhadap partai politik atau calon peserta pemilu tertentu.”

“Dalam melaksanakan tugasnya, setiap anggota Koramil diingatkan untuk menjunjung tinggi profesionalisme dan integritas. Bertindak sesuai dengan aturan dan kode etik yang berlaku.”

“Untuk memastikan pelaksanaan pemilu yang aman dan tertib, anggota Koramil diharapkan dapat bekerja sama dengan instansi terkait dan ikut serta dalam koordinasi yang baik.”

Baca Juga :  Peduli Korban Kebakaran, Polres Aceh Singkil Salurkan Bantuan

“Meskipun harus netral, anggota TNI dianjurkan untuk memahami secara mendalam dinamika politik yang berkembang di lingkungan binaannya. Pemahaman politik ini bertujuan agar anggota dapat lebih baik memahami konteks tugasnya.”

Pedoman ini sebagai acuan untuk mendukung terwujudnya proses demokrasi yang bersih dan berintegritas. Dengan mematuhi pedoman ini, diharapkan seluruh anggota Koramil dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama periode pemilihan.

Share :

Baca Juga

Tni-Polri

Dosis II Capai Target, Polda Aceh dan Jajaran Fokus Booster

Tni-Polri

Rangkaian HUT TNI ke 78 di wilayah Kodam Iskandar Muda

Hukrim

Sat Reskrim Polres Aceh Selatan Melakukan Koordinasi Dengan Dinas Pertanian Terkait Penyebaran Wabah PMK

Tni-Polri

Polres Sabang Banjir Pujian karena Berhasil Tangkap DPO Kasus Pengancaman

Daerah

Masyarakat Diimbau tidak Gunakan Mobil Bak Terbuka untuk Takbir Keliling dan Mudik

News

Polda Aceh dan BPP HIPMI Sediakan 10 Paket Umrah Pada Vaksinasi Hari Pahlawan

Tni-Polri

Pangdam IM Sampaikan Perintah Operasi

Tni-Polri

Utamakan Putra Asli Aceh, Ini Pesan Pangdam IM Saat Rapat Penerimaan Caba PK TNI AD TA 2022

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!