Home / Hukrim / Nagan Raya

Jumat, 9 Februari 2024 - 12:08 WIB

Polisi Warning Penggunaan DD, 2 Aparutur Desa Ditahan Satreskrim

REDAKSI - Penulis Berita

Iptu Vitra Ramadani, SH. M.Si.

Iptu Vitra Ramadani, SH. M.Si.

Nagan Raya – Mantan Kanit Tipikor satuan reserse kriminal polres Nagan Raya Iptu Vitra Ramadani beri peringatan keras terhadap para oknum aparatur desa terkait penyalahgunaan Dana Desa dengan menahan satu orang Keuchik (kepala desa) dan Bendahara desa Blang lango, Jum at (09/02/2024).

Dikonfirmasi awak media kasat Reskrim, Iptu Vitra menyampaikan program kerja awal sebagai langkah prioritasnya adalah pelanggaran tindak pidana korupsi dari penggunaan dana yang tidak tepat sasaran dan tidak mampu dipertanggungjawabkan di pemerintahan desa se Nagan Raya.

“Selain peningkatan stabilitas menuju pemilu 2024 serta peningkatan mutu pelayanan publik dalam menurunkan angka kriminalitas di wilkum Polres Nagan Raya, penyalahgunaan dana desa juga jadi prioritas utama, sudah banyaknya laporan dari masyarakat terkait penyimpangan dan penyalahgunaan dasa yang sudah masuk ke kami bahkan ada sudah diproses penyelidikannya” Tutur kasat reskrim yang juga merupakan mantan Kanit Tipikor.

Baca Juga :  Pegang Sabu 0,18 Gram, Seorang Pria Asal Kecamatan Keumala Diringkus Polisi

Lanjut, sejauh ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait dugaan penyimpangan dana desa yang terjadi didesa Blang Lango dimana oknum keuchik beserta bendahara diduga tidak mampu mempertanggungjawabkan penggunaan dana desa yang dimulai dan bersumber dari DD Tahun anggran 2017 hingga tahun Anggaran 2019.

Baca Juga :  YARA Perwakilan Abdya Resmi Laporkan Ketua KIP Ke DKPP

“Saat Unit Tipikor satreskrim sedang melakukan pemeriksaan terhadap aparatur desa Blang lango kecamatan Seunagan Timur kabupaten Nagan Raya terkait dugaan penyimpangan dana desa yang dimulai dari tahun anggaran 2017 s/d 2019, Dimana keuchik beserta bendahara sudah kita tahan di ruang tahanan apolres demi kelancaran proses penyelidikan yang sedang berjalan” kata iptu Vitra menerangkan.

Berangkat dari hal tersebut Kapolres Nagan Raya Akbp. Rudi Saeful Hadi, S.I.K melalui kasat Reskrim iptu Vitra Ramadani, SH.M.si mengingatkan kepada para keuchik di Nagan Raya agar dapat menggunakan dana desa dengan bijak dan tepat sasaran serta mampu dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :  Desa Pulau Kayu Diresmikan Sebagai Kampung Bebas Narkoba

“Dana Desa adalah dana rekognisi negara kepada desa dimana bertujuan agar desa dapat berdaya menjalankan kewenangannya.

Untuk kami berharap Dana Desa harus dikelola, dimanfaatkan, serta di realisasikan dengan sebaik mungkin sehingga dapat terwujudnya kemajuan merata di tingkat desa” Demikian tutur mantan kasat Narkoba polres Nagan Raya mengingatkan.

Vitra menilai, tujuan Dana Desa adalah untuk memberikan manfaat sebesar besarnya bagi masyarakat Desa berupa peningkatan kulitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik. (R/noa)

Share :

Baca Juga

Hukrim

Gelar Konferensi Pers, Polres Pidie Ungkap Berbagai Kasus 

Hukrim

Satresnarkoba Polres Lhokseumawe Ringkus Tiga Tersangka Penyalahgunaan Narkotika

Hukrim

Pelaku Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Dibawah Umur Diciduk Polisi

Hukrim

Nekat Jadi Pengedar Sabu, Seorang IRT di Nagan Raya Ditangkap Polisi

Hukrim

Setelah di Evaluasi Ombudsman, Ini Komitmen Kapolres Agara

Hukrim

Kasus Pengeboman Ikan di Laut Simeulue, 8 Orang Jadi Tersangka

Hukrim

Dianiaya Karena Pemberitaan, Wartawan di Aceh Selatan Lapor Polisi

Hukrim

Curi Barang Berharga Milik Tetangga, Pelaku Ditangkap Polisi