Kemendagri dan BNPP Serahkan 743 Hewan Kurban pada Perayaan Idul Adha 1445 Hijriah - NOA.co.id
   

Home / Nasional

Rabu, 19 Juni 2024 - 15:20 WIB

Kemendagri dan BNPP Serahkan 743 Hewan Kurban pada Perayaan Idul Adha 1445 Hijriah

FARID ISMULLAH

Mendagri Muhammad Tito Karnavian dan (BNPP) menyerahkan secara simbolik 743 hewan kurban. Penyerahan tersebut berlangsung di Halaman Masjid An-Nuur Kemendagri, Jakarta, Rabu (19/6/2024). (NOA.co.id/HO/Puspen Kemendagri).

Mendagri Muhammad Tito Karnavian dan (BNPP) menyerahkan secara simbolik 743 hewan kurban. Penyerahan tersebut berlangsung di Halaman Masjid An-Nuur Kemendagri, Jakarta, Rabu (19/6/2024). (NOA.co.id/HO/Puspen Kemendagri).

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mewakili Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyerahkan secara simbolik 743 hewan kurban kepada yang berhak pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi. Penyerahan tersebut berlangsung di Halaman Masjid An-Nuur Kemendagri, Jakarta, Rabu.

Mendagri dalam sambutannya mengatakan, kurban merupakan kegiatan keagamaan umat muslim yang bermula dari kisah Nabi Ibrahim AS dengan anaknya, Nabi Ismail AS. Allah SWT pada saat itu memerintahkan Nabi Ibrahim AS untuk mengurbankan putra yang disayanginya, yaitu Nabi Ismail AS.

Baca Juga :  Kapolri Persilahkan Peserta Lomba Mural Kreasikan Kritikan ke Polri

“Nabi Ismail menyampaikan silakan dilaksanakan, karena itu memang perintah dari Allah SWT, dan kemudian dilaksanakannya ritual itu, [namun ketika hendak] disembelih, tapi kemudian berubah yang disembelih berubah menjadi hewan,” kata Mendagri, Tito Karnavian kepada Kantor Berita NOA.co.id, Rabu 19 Juni 2024.

Peristiwa tersebut, lanjut Mendagri, memberikan pelajaran penting bahwa Allah SWT menguji umatnya dengan meminta mereka mengurbankan apa yang paling disayangi. Untuk itu, ia mengucapkan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak di seluruh komponen Kemendagri dan BNPP yang telah memberikan hewan kurban. Dia menekankan, yang terpenting bukanlah kuantitasnya, melainkan peningkatan kualitas iman dan integritas.

Baca Juga :  Arahan Kapolri pada Rakernis Korlantas: Wujudkan Mudik Aman hingga Tingkatkan Pelayanan Publik

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada yang telah memberikan sumbangan sunah, sumbangan sunah untuk berkurban, baik sapi maupun kambing. Bagi saya yang penting adalah bukan soal jumlahnya, bukan seremonial ini, tapi acara ini itu adalah untuk memperkuat keimanan kita, memperkuat integritas kita sebagai ASN (aparatur sipil negara),” ujarnya.

Sementara itu, selaku Ketua Panitia Kurban, Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Teguh Setyabudi menyampaikan, tema yang diambil dalam peringatan Iduladha kali ini adalah “Merajut Kebersamaan dengan Semangat Berkurban untuk Saling Meraih Rida Ilahi”. Adapun hewan kurban yang berhasil dikumpulkan di lingkungan Kemendagri dan BNPP sebanyak 743 ekor, yang terdiri dari 360 ekor sapi dan 383 ekor kambing.

Baca Juga :  H-1 Idul Adha 1445 Hijriah Terminal tipe A Batoh

“Jumlah 743 ekor ini merupakan lompatan yang sangat besar dibandingkan dengan total perolehan hewan kurban pada tahun 2023 yang jumlahnya 284. Oleh karena itu terima kasih kepada Bapak Menteri, Bapak Sekjen, seluruh pimpinan tinggi madya dan komponen-komponen, seluruh ASN yang berhasil meningkatkan perolehan hewan kurban,” tandasnya.

Editor: Amiruddin. MK

Share :

Baca Juga

Nasional

Polri Tetapkan 23 Anggota Khilafatul Muslimin Sebagai Tersangka

Nasional

Selama Proses Hukum, Pemerintah Aceh Fasilitasi Keluarga Almarhum Imam Masykur

Nasional

Forum Intelektual Muda Gelar Diskusi Bertajuk Menguji Netralitas Jokowi: Siapa yang paling diuntungkan

Internasional

Pemerintah Aceh Apresiasi dan Terima Kasih kepada Kemenlu RI serta KKP RI  

Nasional

Perwakilan Dosen Jam’iyatul Washliyah Goes To Kuala Lumpur

Nasional

Pangdam IM dan Forkopimda Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo

Hukrim

Kepala Kanwil Bea Cukai ditetapkan sebagai tersangka dugaan Penyelundupan Impor Gula

Nasional

Jaksa Agung akan kawal dan supervisi pelaksanaan kegiatan PON XXI Aceh-Sumut  

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!