Home / Aceh Barat

Kamis, 21 Oktober 2021 - 15:00 WIB

Di Aceh Barat, Pengurus MAA Serta Pemerhati Adat Diberikan Pembinaan Adat Seumapa

REDAKSI

Pembukaan pembinaan adat di Aceh Barat

Pembukaan pembinaan adat di Aceh Barat

NOA l Aceh Barat – Setidaknya 40 peserta aktif yang terdiri dari unsur pengurus MAA Kabupaten, unsur pengurus MAA Kecamatan, serta para pemerhati adat diberikan pembinaan adat Seumapa, Kamis (21/10/2021).

Selain Seumapa atau yang dikenal juga dengan sebutan Narit Maja, peserta dalam kegiatan yang diprakarsai oleh Majelis Adat Aceh (MAA) Aceh Barat itu juga dibina adat Meunasib, dan Tarian tradisional dalam rangka melestarikan adat istiadat yang ada dalam masyarakat Aceh Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMKN 1 Meulaboh tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat, Mawardi, SE atas nama Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS.

Baca Juga :  Bupati Aceh Barat Buka Pelatihan Dasar CPNS Formasi Umum 2021

Dalam sambutannya, Marwandi, SE, menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan yang digelar oleh MAA Aceh Barat tersebut sebagai upaya untuk melestarikan adat dan budaya yang dimiliki Bumi Teuku Umar

Menurutnya, hal ini diharapkan dapat meningkatkan peran lembaga adat dan seni budaya yang ada di Aceh Barat mulai dari tingkat Kabupaten hingga kecamatan dalam menjaga dan memperkenalkan warisan endatu tersebut kepada masyarakat.

Untuk itu, ia berharap peserta pembinaan ini dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan serius dan maksimal guna meningkatkan kapasitas informasi dan ilmu tentang adat istiadat Aceh Barat untuk di implementasikan di wilayah kerjanya masing-masing

Baca Juga :  Pemkab Aceh Barat Raih Penghargaan APE Tahun 2020

Disamping itu, Marwandi juga meminta kegiatan seperti ini harus dilaksanakan secara berkesinambungan guna meningkatkan peran dan fungsi lembaga adat dalam memperkenalkan adat dan budaya Aceh Barat kepada generasi muda di tengah era modern saat ini.

“Jangan sampai generasi muda tidak tahu tentang adat istiadat yang dimiliki daerah, karena kurangnya akses informasi dari para pemangku adat,” tutur Marwandi.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan tersebut, Adi Wijaya, S.Sos, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pengurus MAA Kabupaten Aceh Barat dan pemerhati adat mulai dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan.

Baca Juga :  Peringati 17 Tahun Tsunami, Bupati Aceh Barat: Momentum Untuk Instropeksi Diri

Ia berharap output dari kegiatan tersebut adalah meningkatnya peran dan fungsi Lembaga adat dalam menjaga dan memperkenalkan adat dan budaya Aceh Barat kepada masyarakat khususnya bagi generasi muda.

Selain itu, ia juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar senantiasa melestarikan tradisi Seumapa/Narit Maja, Meunasib, dan Tarian tradisional dalam setiap pelaksanaan adat perkawinan di Aceh Barat.(RED).

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Pj Bupati Mahdi: MTQ Wadah Memperkaya Pengetahuan Agama

Aceh Barat

Bonus Kepada Perwakilan Aceh Barat Pada MTQ XXXV Tingkat Provinsi Dicairkan

Aceh Barat

Penjabat Bupati Aceh Barat Ikut Pantau Kafilah dan Janjikan Bonus

Aceh Barat

Apel Siaga Bencana dan Gelar Peralatan: Tingkatkan Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi

Aceh Barat

Gelar Teknologi Tepat Guna ke-24 Provinsi Aceh Berakhir, Pj Bupati Apresiasi Dukungan Semua Pihak

Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Mulai Vaksinasi AnakĀ 

Aceh Barat

SPS Provinsi Aceh Gelar Raker Tahun 2024

Aceh Barat

Aceh Barat Terima Anugrah Perencanaan dan Pencapaian Daerah di Aceh Tahun 2023