Penasihat Militer Iran Tewas dalam Serangan Israel - NOA.co.id
   

Home / Internasional

Selasa, 4 Juni 2024 - 08:42 WIB

Penasihat Militer Iran Tewas dalam Serangan Israel

REDAKSI

Foto Ilustrasi - .(AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Foto Ilustrasi - .(AP Photo/Lefteris Pitarakis)

NOA.co.id – Media pemerintah Iran melaporkan bahwa seorang penasihat militer dari Garda Revolusi Islam (IRGC) tewas dalam serangan udara Israel di Aleppo, Suriah utara, pada Senin 3 Juni 2024.

Menurut laporan dari kantor berita Iran Tasnim yang mengutip pemantau, setidaknya 16 anggota milisi pro-Teheran tewas dalam serangan tersebut.

“Dalam serangan rezim Zionis di Aleppo tadi malam, Saeed Abyar, salah satu penasihat IRGC di Suriah, menjadi martir,” demikian bunyi laporan kantor berita Tasnim seperti dikutip oleh AFP.

Baca Juga :  Produk Fesyen Indonesia Pukau Masyarakat Australia

Serangan Israel tersebut, seperti yang dilaporkan oleh Syrian Observatory for Human Rights, menyasar sebuah pabrik di Hayyan, Provinsi Aleppo Barat. Salah satu dari 16 korban tewas dalam serangan itu adalah Saeed Abyar.

Observatorium yang berbasis di Inggris itu menyatakan bahwa korban tewas lainnya termasuk pejuang lokal dan asing “yang memiliki pengaruh besar di Hayyan.”

Hayyan adalah kota di Suriah yang dikuasai oleh rezim Presiden Bashar Al Assad di tengah perang sipil yang berkepanjangan.

Baca Juga :  Sesuai konstitusi Indonesia, Pengungsi Rohingya ditampung sementara

Melalui sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Suriah mengatakan, “Setelah tengah malam, musuh Israel melancarkan serangan udara dari tenggara Aleppo, menargetkan beberapa posisi” di dekat kota tersebut.

“Dilaporkan ada martir (korban tewas) dan beberapa kerusakan material.” Suriah adalah sekutu dekat Iran, dan keduanya sama-sama memiliki ketidaksukaan terhadap Israel.

Tel Aviv telah melakukan ratusan serangan udara terhadap Suriah, terutama menargetkan posisi pejuang yang didukung oleh Iran termasuk Hizbullah di Lebanon.

Baca Juga :  Seluruh Rakyat Indonesia Mendukung Perjuangan Palestina  

Serangan Israel terhadap Suriah dan Lebanon semakin meningkat, terutama sejak 7 Oktober 2023, ketika Tel Aviv melancarkan agresi brutal terhadap Jalur Gaza, Palestina, yang masih berlanjut hingga hari ini.

Sejak saat itu, beberapa milisi pro-Iran di Timur Tengah, seperti Hizbullah dan Houthi Yaman, juga turut serta dalam melancarkan serangan udara terhadap Israel.

Editor: Amiruddin MK

Share :

Baca Juga

Internasional

Bantuan Indonesia Untuk Misi Kemanusian Palestina, Tiba di Jordania

Internasional

Kamp-kamp Rohingya Menjadi Pusat Terorisme Global, Menimbulkan Ancaman Keamanan Besar

Internasional

Menlu RI Bertemu Presiden SMU PBB Bahas Isu Palestina & Perubahan Iklim  

Internasional

Kemlu RI dan KDEI Taipei Terus Memantau dampak Gempa susulan di Huelien, Taiwan 

Internasional

Presiden Iran Tewas, Ternyata Tumpangi Pesawat Usang Buatan Amerika

Internasional

Ketum PPBN RI menjadi Pemimpin Delegasi Indonesia di Forum Internasional

Internasional

Menlu, Hibah 10 Juta Dosis vaksin polio bukti komitmen Indonesia kepada rakyat Afghanistan

Internasional

Perang Israel di Gaza adalah ‘gerakan lambat, pembunuhan massal terhadap anak-anak,’ kata Ratu Rania dari Yordania kepada CNN