Home / Aceh Barat / Pemerintah

Rabu, 7 Februari 2024 - 15:10 WIB

Pj Bupati Mahdi Efendi Hadiri Pelatihan Para Saksi Pemilu

REDAKSI - Penulis Berita

Meulaboh – Penjabat Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi menghadiri pelatihan bagi para saksi peserta Pemilu yang akan bertugas pada Pemilu tahun 2024, Rabu (07/02/2024).

Menurut Mahdi, pelatihan ini adalah langkah penting untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Mahdi mengatakan, pelaksanaan Pemilu tidak bisa lepas dari kehadiran saksi dari berbagai pihak, seperti partai politik, DPD, dan saksi pemilihan presiden dan wakil presiden, yang turut memantau jalannya tahapan pencoblosan hingga perhitungan suara.

Baca Juga :  Santri Dayah Darul Aitami Juara MQK Tingkat Kabupaten

Pelatihan saksi ini kata Mahdi, adalah sebagai upaya pencegahan agar pihak-pihak yang bertugas di TPS, termasuk KPPS, pengawas, dan khususnya saksi, memiliki persepsi dan pemahaman yang sama terhadap aturan yang berlaku.

Tidak hanya itu, Mahdi juga menekankan pentingnya bagi setiap saksi peserta Pemilu untuk memahami tugas dan tanggung jawabnya saat bertugas di TPS, termasuk proses pemungutan, penghitungan, rekaptulasi suara, pelaporan, penyelesaian pelanggaran di TPS, serta kemampuan untuk menyampaikan laporan pelanggaran guna mengurangi potensi kesalahan dan kecurangan, ujar mahdi.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Barat akan Temui Moeldoko Terkait Pengembangan Irigasi Lhok Guci

Ia mengajak seluruh saksi peserta Pemilu untuk mendengarkan dan memperhatikan setiap materi yang disampaikan para narasumber dengan baik, serta memanfaatkan kesempatan ini sebagai ruang untuk berdiskusi bersama narasumber guna mendapatkan pemahaman yang jelas terkait peran, tugas, dan tanggung jawab sebagai saksi peserta Pemilu.

Baca Juga :  Tarian Ratep Meusekat Nagan Raya Keluar Sebagai Yang Terbaik

Mahdi juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya seluruh jajaran Panwaslih Kabupaten Aceh Barat yang terus konsisten melaksanakan tugas pengawasan untuk dapat mewujudkan Pemilu tahun 2024 yang adil, jujur, dan berintegritas. []

Share :

Baca Juga

Aceh Barat

Kabupaten Aceh Barat Gelar Penggalangan Dana Kemanusiaan untuk Palestina

Aceh Barat

Samsi Barmi Apresiasi Kinerja Eksekutif Kendalikan Inflasi

Aceh Barat

Aceh Barat Siapkan Penghargaan Untuk ASN Inovatif

Aceh Barat

Mendagri Tito Karnavian: Saya Usulkan Sendiri Perpanjangan Mahdi ke Pak Presiden, Ini Alasannya!

Aceh Barat

Bupati Aceh Barat Buka Pelatihan Dasar CPNS Formasi Umum 2021

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Buka Program Penguatan Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar Tahap III 

Aceh Besar

Aceh Besar Operasikan Mobil Perizinan Keliling Gratis dan Berhadiah Doorprize

Aceh Barat

Pj Bupati Mahdi Lantik Anggota KIP Aceh Barat