UTU Gelar FGD Terkait Penjaringan PKKM Berbasis Posyantek - NOA.co.id
   

Home / Aceh Barat / Daerah

Sabtu, 16 September 2023 - 13:12 WIB

UTU Gelar FGD Terkait Penjaringan PKKM Berbasis Posyantek

REDAKSI

Aceh Barat – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Barat bersama dengan Universitas Teuku Umar berkerja sama dalam rangka Penjaringan Kegiatan PKKM Berbasis Posyantek di Gampong pada 12 Kecamatan Kabupaten Aceh Barat.

Salah satu bentuk implementasi aktivitas Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) liga 2 Kemendikburistek tahun 2023, Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar menyelenggarakan FGD kegiatan PKKM berbasis  Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (24/8/2023) di Ruang Rapat Senat Universitas Teuku Umar (UTU). Dimana sebagai salah satu tahapan kegiatan PKKM, FGD ini merupakan langkah penting bagi Program Studi Teknik Mesin sebelum melaksanakan kegiatan posyantek.

Baca Juga :  Pemkab Aceh Barat Peringati HUT ke - 433 Meulaboh

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas DPMG Aceh Barat, Asisten 3 Aceh Barat, para Camat, beberapa Keuchik dilingkup Kaabupaten Aceh Barat. Sementara itu dari FT UTU turut hadir Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik, Dosen Teknik Mesin, serta mahasiswa yang terlibat dalam Program Posyantek.

Dalam sambutan dan arahan dari bapak Nyak Na, S.E., M.Ec.Dev, selaku Asisten 3 Sekda Aceh Barat dalam sambutannya menyambut baik kegiatan tersebut. “Kegiatan ini  akan memberikan manfaat untuk masyarakat Aceh Barat,” katanya.

Baca Juga :  BPBD Aceh Barat dan Korem 012/TU Gelar Apel Siaga Bencana

Senada dengan Asisten 3, Kadis DPMG, Tarfin, S.Sos mengajak semua pihak untuk memberdayakan masyarakat dimana kampus bisa mengakomodir.

Ir. Maidi Saputra, S.T., M.T Selaku Wakil Dekan I FT dalam sambutannya menyebutkan bahwa Kegiatan ini sangat penting dimana memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Barat berharap agar seluruh Gampong (desa) yang ada di Kabupaten Aceh Barat yaitu sebanyak 321 Gampong (desa) sudah membentuk Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) yang merupakan Amanat dari Peraturan Mentri Desa Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi Nomor 23 Tahun 2017 tentang Pengembangan dan Penerapan TTG dalam Pengelolaan SDA Desa.

Baca Juga :  Banjir Aceh Barat Menyurut, Bupati Minta Lintas Instansi Terus Siaga

Program Studi Teknik Mesin berharap bahwa kegiatan ini dapat berkontribusi pada pendampingan dan pembinaan mahasiswa untuk membuat Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan memanfaatkan potensi di masing-masing daerah. Kegiatan ini nantinya akan menempatkan beberapa mahasiswa didampingi dosen DPL di beberapa posyantek. **

Share :

Baca Juga

Aceh Timur

Sidokkes Polres Aceh Timur Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Kepada Personel

Daerah

Gampong se-Aceh Terima Dana Desa 2024 Rp 2,68 Triliun

Daerah

Polda Aceh dan Jajaran Siap Amankan Pilkada Serentak 2024

Aceh Barat

Pj Bupati Aceh Barat Irup HAB Kemenag ke-77

Daerah

BSI Perkuat Ekosistem Ziswaf di Aceh, Sinergi dengan Baitul Mal Aceh

Daerah

PDAM Tirta Mountala Salurkan Air Bersih untuk Warga Kecamatan Lhoknga

Daerah

105 Warga Binaan Rutan Calang Terima Remisi, Satu Diantaranya Langsung Bebas

Aceh Barat

Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Barat Buka Raker FKDM

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!